Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terbanggi Besar-Bakauheni Batal Difungsikan Lebaran 2016

Kompas.com - 30/06/2016, 08:30 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa waktu terakhir, pemerintah mengupayakan untuk membuka sebagian dari ruas Tol Terbanggi Besar-Bakauheni di Lampung. Namun, hal ini urung dilakukan pada masa mudik Lebaran 2016.

"Untuk Sumatera yang semula diharapkan bisa dioperasikan, karena terakhir proses pengadaan tanah sedikit terkendala, baru dibayar sehingga kemungkinan akan sulit dioperasikan tahun ini," ujar Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jakarta, Selasa (30/6/2016).

Ia mengatakan, saat ini pemerintah tengah mengusahakan percepatan pembebasan lahan. Dengan demikian, untuk tahun depan, jalan yang dimanfaatkan bisa lebih panjang.

Sebelumnya, Herry mengungkapkan, tertundanya pembebasan lahan, membuat pembangunan jalan tol terhambat sehingga tidak tersambung antara satu gerbang ke gerbang yang lain.

Namun, kini, masalah pembebasan lahan sudah selesai dan biaya ganti rugi telah dibayarkan. Selanjutnya, tahap pembangunan tol tersebut adalah pengosongan lahan dari bangunan.

"Tinggal kita (pemerintah) dari sekarang hingga ke Lebaran ini bisa engga, mengejar konstruksinya. Karena, kan rumah (penduduk) harus kosong dulu," kata Herry, Jumat (17/6/2016).

Total panjang ruas tol ini adalah 140 kilometer. Sementara yang tengah diupayakan untuk berfungsi pada Lebaran tahun 2016 adalah sepanjang 16-18 kilometer.

Jalan yang akan dibuka secara fungsional terbagi di 2 lokasi yaitu Lematang-Kota Baru sepanjang 3,99 kilometer dan Branti-Metro sepanjang 12,09 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com