Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H-6 Lebaran, Jembatan Pah dan Sipait Bisa Dilewati

Kompas.com - 29/06/2016, 23:47 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk memastikan kelancaran pemudik menjelang Lebaran 2016, Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengejar pembangunan Jembatan Sipah, di Tegal, dan Sipait di Pekalongan.

Keduanya diperkirakan sudah mulai pada tahap pengaspalan malam ini, Rabu (29/6/2016).

"H-6 direncanakan bisa dilewati. Kalau H-6 berarti tanggal 1 Juli 2016," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (29/6/2016).

Pada tahun-tahun sebelumnya, kedua jembatan ini seringkali menjadi titik rawan macet. Dalam laporan terakhirnya beberapa hari silam, Direktorat Jenderal Bina Marga memastikan bahwa seluruh girder jembatan telah terpasang.

Jembatan Sipait dibongkar karena usianya yang sudah tua dan kemampuannya menahan beban sangat rendah. Saat dilintasi mobil pemudik dalam jumlah besar, kondisi jembatan menjadi mengkhawatirkan.

Dalam pembangunan ulang jembatan sepanjang 90 meter ini, dana yang dihabiskan adalah Rp 25,6 miliar. Sementara Jembatan Pah memiliki panjang 42 meter dan menelan biaya Rp 13,4 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com