Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik Harus Waspada Titik Longsor di Jalan Nasional Sumatera

Kompas.com - 28/06/2016, 21:48 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang Lebaran 2016, pemerintah menyiapkan jalur mudik di sejumlah daerah di Indonesia.

Di Sumatera, jalur mudik yang dipersiapkan adalah Jalan Nasional Lintas Barat, Tengah, dan Timur. Dari ketiga jalur tersebut, ada beberapa titik yang perlu diperhatikan serius oleh pemudik.

"Ada beberapa titik rawan longsor Sumatera, antara lain Kabanjahe, Tarutung-Sibolga, Pekanbaru-Kandis, Pekanbaru-Payakumbuh, dan Pekanbaru-Jambi," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, saat konferensi pers tentang kesiapan jalur mudik Lebaran 2016, di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (28/6/2016).

Selain itu, kata Basuki, kondisi jalan nasional di Sumatera yang perlu diperhatikan adalah di lintas timur, khususnya di ruas Betung-Jambi.

Berdasarkan keterangan yang diterima Kompas.com Senin (20/6/2016), kondisi jalan batas Provinsi Jambi-Paninggalan rusak berat. Sementara jalan Peninggalan-Sei Lilin-Betung, kondisinya rusak ringan.

Total panjang jalan nasional Sumatera adalah 7.600 kilometer. Jalan nasional ini terbagi menjadi Lintas Barat sepanjang 2.490 kilometer, Lintas Timur 2.756 kilometer, dan Lintas Tengah 2.420 kilometer.

Lintas Barat meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung. Sedangkan Lintas Tengah meliputi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, dan Lampung.

Adapun Jalan Lintas Timur melintasi Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jambi, Sumatera Selatan dan Lampung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com