Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Orchard Park Batam Tembus 97 Persen

Kompas.com - 24/06/2016, 23:05 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

BATAM, KOMPAS.com - Batam menjadi salah satu kota di Indonesia yang mengalami pertumbuhan ekonomi cukup pesat. Penanaman modal asing (PMA) adalah alasan mengapa Batam memiliki tingkat ekonomi stabil.

Badan Pengembangan (BP) Kawasan Batam melansir pada triwulan pertama 2016, PMA di Batam menembus angka 392 juta dollar Amerika Serikat (AS) dengan realisasi 62 proyek.

Jumlah itu naik dibanding periode yang sama tahun 2015 yang hanya sebanyak 47 proyek dengan nilai 204 juta dollar AS.

Selain itu beberapa pembangunan infrastruktur juga turut membuat Batam menjadi kota yang bisa dibanggakan sebagai pintu terdepan Indonesia untuk ASEAN dan bahkan Asia.

"Infrastruktur seperti pembangunan Jembatan Layang, perubahan Bandara Hang Nadim menjadi Airport City, dan juga perubahan konsep dari free trade zone menjadi kawasan ekonomi khusus membuat Batam makin dilirik," kata Assistant Vice President Strategic Marketing PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN)Agung Wirajaya, saat jumpa media di Orchard Park, Batam, Jumat (24/6/2016).

Potensi tersebut mendorong APLN membuat proyek mixed used bernama Orchard Park di wilayah Batam Center yang telah dibangun sejak 2013.

Proyek seluas 42 hektar itu terdiri dari 1.200 hunian tapak (landed), 121 unit ruko Orchard Walk, pusat gaya hidup dan hiburan bernama Park Avenue, sera Orchard Club House.

Sejumlah hunian tapak tersebut tersebar di enam klaster Orchard Park Batam yakni Vitis, Carica, Citrus, Persea, Durio, dan satu klaster yang sedang dalam pembangunan. 

"Sejak dipasarkan pada awal 2014, penjualan tiga klaster pertama yang dibuka yakni Vitis, Carica, dan Citrus telah mencapai 97 persen dan kami akan segera membuka dua klaster lagi, yakni Persea dan Dorio," sebut Senior Marketing Manager Orchard Park Batam Tedi Guswana, dalam kesempatan yang sama.

Klaster Persea diklaim Tedi sebagai hunian premium yang memiliki satu tipe unit Falco berukuran 10x20 meter persegi dengan spesifikasi dua lantai dan hanya disediakan sebanyak 100 unit.

Sedangkan klaster Durio yang ditujukan bagi keluarga muda terdiri dari tiga tipe hunian yakni Carreta seluas 85 meter persegi, Criton dengan dimensi luasan 119 meter persegi, dan Clarias seluas 144 meter persegi.

"Secara keseluruhan, penjualan Orchard Park baik dari hunian maupun telah terjual 80 persen sampai sekarang," tandas Tedi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com