Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lupakan Maket 2 Dimensi, Teknologi Hologram Ubah Peruntungan Properti di Masa Depan

Kompas.com - 23/06/2016, 14:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KOMPAS.com - Hari-hari ketika pengembang properti menampilkan produknya lewat maket dua dimensi bakal segera berakhir. Pasalnya, teknologi hologram telah muncul untuk menggantikan itu semua.

Dua alat, yakni Microsoft HoloLens dan Oculus Rift telah memberikan kemungkinan bagi pengembang untuk dapat menyatukan teknologi holografik dengan pemasaran.

Kedua perangkat tersebut pembuat calon pembeli properti dapat melihat dan bahkan "berjalan-jalan" pada properti yang ingin mereka beli, bahkan bertahun-tahun sebelum benar-benar dibangun.

Alhasil teknologi yang diberikan oleh Microsoft HoloLens dan Oculus Rift telah diterima dengan baik oleh para penggiat sektor properti.

"Keberadaan teknologi ini menunjukkan pada mereka apa yang tak pernah mereka lihat sebelumnya dan itu akan mengubah peta persaingan yang ada," kata Wakil Presiden Jones Lang LaSalle (JLL) bidang jasa perantara Elizabeth O'Carroll.

Pada April 2016 silam, pengembang bernama Sanska mengumumkan akan membangun pusat penyewaan properti holografik pertama di dunia.

Sanska sendiri akan menggunakan Microsoft HoloLens dan fasilitas tersebut akan melibatkan calon pembeli dalam penampilan holografik proyek high rise Sanska di Seattle, Amerika Serikat bernama 2+U.

Sementara itu, agensi produksi digital Studio2016 akan membantu Sanska dalam memelopori penggunaan perangkat Microsoft tersebut yang telah tersedia bagi pengembang tertentu sejak Maret 2016.

Studio2016 merupakan agensi digital sama yang digunakan Oculus Rift ketika memberikan pembelinya tur virtual ke San Francisco Park Tower pada 2015.

Perusahaan properti lainnya yang menggunakan teknologi virtual reality ini adalah Red Propeller. Mereka menggunakan Oculus Rift pada proyek menara kondominiumnya di Seattle bernama LUMA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com