Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susul New York, Seoul Jadi Kota Global Dunia

Kompas.com - 20/06/2016, 12:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com - Di samping menjadi rumah bagi dua perusahaan teknologi besar Samsung dan LG, Seoul masih dianggap berada di luar liga Asia lainnya seperti Hongkong, Singapura, dan Tokyo. Namun, imej itu nampaknya akan berubah dalam waktu dekat.

Sebuah penelitian bersama yang dilakukan oleh Business of Cities dan konsultan properti Jones Lang LaSalle (JLL) memuji Seoul sebagai "kota menonjol" dengan cukup kekuatan untuk bisa bergabung dalam enam besar kota global seperti Hongkong, London, New York, Paris, Singapura, dan Tokyo.

Penilaian tersebut berdasarkan performa positif dari ibu kota Korea Selatan ini dalam hal aktivitas bisnis dan investasi. Seoul berada di posisi delapan dalam Indeks Kota Moro Global Power dan peringkat sembilan dalam Indeks Kota AT Kearney Global.

Menurut JLL, Seoul bersama Tokyo saat ini menjadi kota dengan ekonomi paling maju di Asia Timur berkat perusahaan-perusahaan domestik yang sukses dan sumber daya manusia kuat.

Seoul juga dikenal sebagai kota dengan aset pengetahuan besar. Sebuah kebijakan pendidikan proaktif yang diterapkan membuat Seoul menjadi satu dari 10 kota dengan kualitas universitas top.

Seoul juga menjadi satu dari 15 kota yang sering dikunjungi di dunia. Kota ini berada di 10 besar dalam hal budaya, gaya hidup, dan keterbukaan.

Sebagai tambahan, Seoul berada di posisi 7 dari 15 kota besar untuk kategori transportasi internal.

Seperti dicatat oleh The Business of Cities, Seoul telah ada di posisi 62 dari 100 indeks kota global utama. Tahun lalu, Seoul menempati peringkat tujuh dan mengalahkan semua kota-kota Asia lainnya pada Indeks Kota Berkelanjutan Arcadis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com