Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pusat Medis Ini Punya 'Hijab' untuk Mengatur Suhu

Kompas.com - 18/06/2016, 14:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

AL AIN, KOMPAS.com - Uni Emirat Arab (UEA) memang menjadi negara yang kerap muncul dengan inovasi-inovasi arsitekturnya. Kali ini terdapat sebuah pusat kesehatan dengan arsitektur dibungkus serupa kerudung atau hijab.

Pusat medis tak biasa ini direncanakan untuk Al Ain, kota terbesar keempat di UEA. Bentuknya berupa menara dengan fasad transformasi kerudung guna membantu menyeimbangkan fluktuasi termal di wilayah Al Ain.

Firma arsitektur Philippe Barriere Collective (PB+Co) merancang struktur ini sebagai sebuah karya seni kombinasi pengobatan Barat dan alternatif melalui praktik pelestarian alam dan teknologi.

Menara ini dibungkus dengan lapisan serupa kulit yang mampu mengembang dan mengkerut untuk mengontrol suhu dan cahaya masuk dengan menciptakan zona penyangga udara internal.

Pemerintah kota Al Ain ingin membangun sebuah proyek ikonik yang akan mewujudkan kemajuan ilmu lingkungan, teknologi hijau, dan perawatan medis agar terhubung langsung ke alam.

Ide itu kemudian dituangkan dalam desain menara yang mencakup Chelation Clinic, Pusat Integrasi Kesehatan Gigi, Klinik Penyembuhan, dan bungalow sebagai hunian bagi pasien.

Kompleks medis ini akan berada di sekitar Danau Al Ain, tempat bagi banyak spesies tanaman yang menarik burung, ikan, dan reptil serta binatang lainnya untuk membentuk sebuah biodiversiti. Daerah tersebut dipilih juga sebagai tempat rehabilitasi dan penyembuhan pasien.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com