Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Pemudik, Pengelola Tol Cipali Benahi Fasilitas "Rest Area"

Kompas.com - 16/06/2016, 14:30 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengelola Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) PT Lintas Marga Sedaya (LMS) tengah berupaya meningkatkan kenyamanan pemudik. Upaya tersebut antara lain dengan penambahan fasilitas rest area atau tempat istirahat (TI).

"Parkir kita tambah, rumah sampah juga. Lanskap dibuat lebih asri. Semuanya kita siapkan waktu arus mudik untuk menampung penumpang," ujar Wakil Direktur PT LMS Hudaya Arryanto sebelum Peresmian Pengoperasian Jalan Tol Pejagan-Pemalang Seksi I dan II Serta Integrasi Jalan Tol Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek Cipularang, Padaleunyi dan Cipali, di gerbang tol Brebes Timur, Jawa Tengah, Kamis (16/6/2016).

Hudaya mengatakan, persiapan ini sudah berlangsung sejak dua bulan yang lalu. Belajar dari tahun sebelumnya, tempat peristirahatan lebih dipersiapkan menjelang mudik Lebaran 2016 dibandingkan tahun lalu.

Pada Lebaran 2015, air di beberapa TI Tol Cipali sempat tersendat dan tidak mengalir. Untuk mencegah hal tersebut terjadi kembali, LMS meningkatkan kapasitas tangki air.

Di KM86 misalnya, terdapat tangki penampungan air seukuran kurang lebih 5x5 meter persegi dan tinggi kurang lebih 3 meter.

"Saat ini, daya tampung airnya sudah mencapai 50.000 liter. Sebelumnya hanya 10.000 liter," sebut Hudaya.

Sementara di TI KM 103, kapasitas airnya bisa menyediakan pasokan air 150 kubik per menit. Di Tol Cipali sendiri terdapat 8 TI yang terdiri dari 4 rest TI kecil dan 4 TI besar.

Beda TI kecil dan besar ini adalah dari ukurannya. Di TI besar, LMS menyediakan Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU). Selain itu, fasilitas di TI besar juga lebih lengkap dibandingkan TI yang kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com