Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjelang Musim Mudik, Basuki Tinjau "Rest Area" Tol Cipali

Kompas.com - 16/06/2016, 13:30 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau kesiapan tempat peristirahatan atau rest area di jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Kamis (16/6/2016).

Bersama Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya (LMS) Hudaya Arryanto, Basuki secara khusus mengecek tempat penampungan air. Dalam tinjauan tersebut, Basuki mendatangi rest area KM 86 dan rest area KM 103.

"Tahun lalu kami ada pengalaman pemudik membeludak. Kemudian tempat istirahat (TI) atau rest area ini (Rest Area KM 86) kebanjiran pemudik yang ingin istirahat," ujar Basuki saat meninjau Jalan Tol Cipali.

Arimbi Ramadhiani Gerbang Tol Cikopo. Gambar diambil pada Kamis, (16/6/2016).
Menurut Basuki, saat rest area sedang ramai-ramainya, air sempat tidak keluar. Tahun ini, ia tidak ingin hal tersebut terjadi lagi.

Di KM86, terdapat tangki penampungan air seukuran kurang lebih 5x5 meter persegi dan tinggi kurang lebih 3 meter.

"Saat ini, daya tampung airnya sudah mencapai 50.000 liter. Sebelumnya hanya 10.000 liter," sebut Hudaya.

Sementara itu di rest area KM103, diketahui lahan parkirnya bisa menampung 600 kendaraan. Belajar dari tahun sebelumnya, tempat peristirahatan ini lebih dipersiapkan menjelang mudik Lebaran 2016.

Salah satu persiapannya adalah dengan mempekerjakan karyawan dalam 3 giliran (shift). Untuk kapasitas airnya, rest area KM103 menyediakan pasokan air 150 kubik per menit.

Tahun lalu, rest area ini ramai pada pukul 3-4 pagi. Para pengemudi atau pemudik, beristirahat untuk sahur dan shalat Subuh terlebih dahulu di rest area tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com