Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekan Ini Tol Pejagan-Brebes Timur Dibuka Jokowi

Kompas.com - 13/06/2016, 17:33 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

BREBES, KOMPAS.com - Setelah dinyatakan laik operasi pada Mei 2016 lalu, Tol Pejagan-Brebes Timur siap diresmikan dan dibuka dalam waktu dekat oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Konfirmasinya ini akan dibuka antara Minggu sampai dengan Jumat ini. Sekarang menunggu waktunya Pak Presiden," sebut Direktur Operasi Waskita Toll Road, Mokh Sadali, di Brebes, Senin (13/6/2016).

Dibukanya ruas tol ini menurut Sadali akan berimbas pada kepadatan kendaraan yang bermula dari ruas Tol Kanci-Pejagan.

Data musim mudik tahun lalu menyebutkan bahwa pada puncak mudik ada 56.000 kendaraan yang memadati ruas Tol Kanci-Pejagan.

"Jadi estimasinya akan ada pertumbuhan ditambah dengan sistem integrasi dilepasnya beberapa gerbang yang di Palimanan-Kanci. Estimasinya mendekati 70 ribu pada puncaknya. Estimasi ini tidak semuanya ke arah Timur atau Brebes Timur, ada sebagian juga yang ke arah Pejagan," jelas Sadali.

Untuk itu, Waskita Toll Road selaku pengelola ruas Tol Pejagan-Brebes Timur membuat enam gardu di Gerbang Tol (GT) Brebes Timur. Rinciannya, tiga untuk akses masuk dan tiga lainnya untuk akses keluar.

"Tapi pada saat puncaknya nanti kita ke arah masuk hanya dilepas 1 karena nanti dipasang gardu satelit dua yang ke arah keluar (Pantura), jadi ada 4. Ditambah gardu satelit 4, jadi ada 8 nanti," tambah Sadali.

Ruas tol ini diharapkan bisa mengantisipasi musim mudik lebaran 2016. Oleh sebab itu, Waskita Toll Road telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan Korlantas Jawa Tengah dan Jawa Barat untuk mengatasi pertemuan tol dan jalur non-tol Pantura yang dinilai Sadali bakal menjadi kendala.

Rekayasa lalu lintas di Pantura pun sudah dilakukan oleh Waskita Toll Road bersama dengan Korlantas dan Polda Metro Jaya.

Untuk tarif, Direktur Utama Waskita Toll Road, Herwidiakto menyebutkan angka Rp 20.000 yang sudah disetujui oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Hingga saat ini belum ada keterangan resmi terkait apakah ada diskon atau gratis ketika peresmian dan pembukaan Tol Pejagan-Brebes Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com