Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hippindo Berharap "Orchard Road" versi Jakarta Segera Direalisasikan

Kompas.com - 09/06/2016, 03:30 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wacana pembangunan "Orchard Road" versi Jakarta atau "Satrio International Shopping and Tourism Belt" di Jalan Dr Satrio, diharapkan bisa benar-benar direalisasikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Ketua Dewan Penasihat Himpunan Penyewa Pusat Belanja Indonesia (Hippindo), Handaka Santosa mengatakan, Indonesia membutuhka sarana belanja satu line seperti yang ada di Orchard Road, Singapura.

"Menurut saya memang kita butuh itu, agar memudahkan para pembelanja," kata Handaka, di Hotel Kempinski, Jakarta, Rabu (8/6/2016).

Oleh sebab itu, Hippindo menurut Handaka hanya bisa berharap agar "Satrio International Shopping and Tourism Belt" bisa tetap ada meskipun saat ini dianggap masih banyak hal yang perlu diperbaiki.

Pencanangan pembangunan "Satrio International Shopping and Tourism Belt" sudah ada sejak tahun 1997 sejak kepemimpinan Gubernur Sutiyoso.

Esensi dan semangatnya adalah membangun koridor wisata dan belanja yang dapat diakses dengan mudah oleh pembelanja.

Selain itu, "Satrio International Shopping and Tourism Belt" diharapkan dapat menyediakan ruang-ruang memadai, aman, nyaman, dan bersih bagi para pengunjung.

Dokumen Lotte Shopping Avenue Lotte Shopping Avenue
Sehingga nantinya para pembelanja bisa berjalan kaki menuju pusat-pusat belanja, perkantoran, hotel, dan properti komersial lainnya di koridor tersebut.

Tertundanya realisasi "Satrio International Shopping and Tourism Belt" adalah karena masih memiliki bolong di banyak sisinya.

Pertama, tidak memiliki tema atau nilai jual khusus yang bisa diandalkan. Jika Mangga Dua terkenal sebagai konsentrasi barang berkualitas dengan harga miring, tidak demikian halnya dengan koridor Satrio.

Kedua, akses yang relatif sulit dijangkau. Padahal, lokasinya sangat strategis. Kalaupun dekat dengan halte transjakarta (Karet), tidak didukung oleh jalur pedestrian yang memadai.

Saat pengunjung turun di halte Karet, mereka harus berjuang untuk dapat mencapai Lotte Shopping Avenue, Kuningan City, Mall Ambassador, ITC Kuningan, atau hotel dan perkantoran di sekitarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com