Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Enam Jalan Tol Siap Digunakan Mudik Lebaran 2016

Kompas.com - 07/06/2016, 19:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setidaknya akan ada enam jalan tol tambahan yang bisa digunakan baik secara operasional maupun fungsional untuk mudik lebaran tahun ini.

Keenam jalan tol itu merupakan bagian dari Tol Trans Jawa. Tol pertama yang bisa digunakan secara operasional adalah ruas Pejagan-Brebes Timur yang ada di Jawa Tengah.

Jalan tol sepanjang 26 kilometer itu sudah selesai dibangun dan kini tinggal menunggu peresmiannya saja.

Jalan tol berikutnya yang bisa dioperasikan adalah ruas Surabaya-Mojokerto (Sumo) sepanjang 18 kilometer dan Kertosono-Mojokerto sepanjang 40,5 kilometer.

“Di Jawa Timur, Kertosono ke arah Mojokerto akan kita satukan sekitar 23 kilometer dan akan membantu lalu lintas dari Mojokerto ke Jombang,” kata Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bidang Keterpaduan Pembangunan, Danis Sumadilaga, Senin (6/6/2016).

Jalan tol ketiga adalah Jalan Tol Bawen-Salatiga sepanjang 17,57 kilometer. Kemudian yang keempat adalah Tol Solo-Kertosono sepanjang 10 kilometer, dan terakhir adalah Tol Gempol- Pasuruan (Rembang) sepanjang 13 kilometer.

Danis menyebutkan bahwa ketiga tol terakhir itu masih belum sempurna tetapi siap untuk difungsikan guna membantu kelancaran arus lalu lintas selama mudik lebaran 2016.

"Beberapa jalan di Pantura Jawa Barat dan Jawa Tengah kami targetkan selesai sebelum lebaran atau pada Juni 2016,"sebut Danis.

Selanjutnya, pada H-30 sampai dengan H+10 Idul Fitri 2016 pekerjaan utama di badan jalan akan dihentikan dengan kondisi fungsional dan akan diteruskan kembali setelah Idul Fitri.

Pekerjaan yang mengganggu arus lalu lintas pada beberapa ruas tetap akan berjalan sampai H-10 Idul Fitri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com