Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arsitek London Rancang Masjid di Pusat Bisnis Abu Dhabi

Kompas.com - 07/06/2016, 13:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Biro arsitektur berbasis di London AL_A telah memenangkan kompetisi untuk merancang sebuah masjid baru di Abu Dhabi.

Masjid tersebut merupakan bagian dari World Trade Center yang dikembangkan oleh Aldar Properties, salah satu pengembang terbesar di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara.

Proposal ini menunjukkan masjid berukuran 2.000 meter persegi dan taman sebagai ruang luar dari terbuat dari baja dan kaca dari World Trade Center. Taman ini juga memberikan titik fokus ibadah bagi pengunjungnya.

"Masjid ini dipertimbangkan sebagai bagian dari kota, salah satu yang mencerminkan perjalanan dari duniawi menuju spiritual. Diatur dalam sebuah taman, masjid dan taman menjadi satu, dengan pohon-pohon dan kolom membentuk lanskap vertikal informal dan memungkinkan jamaah melaksanakan shalat Jumat di luar," kata Direktur AL_A Ho-Yin Ng.

Di dalam masjid, poros cahaya menembus atap ruang ibadah. Di siang hari ini, cahaya terlihat belang-belang dan menciptakan kesan dramatis.

AL_A telah merancang masjid ini bukan sebagai bangunan tetapi sebagai jalur, sebuah perjalanan bagi orang-orang yang ingin keluar dari riuhnya kehidupan sehari-hari.

Desainnya diupayakan untuk bisa menghubungkan suasana spiritual bagi jamaah.

Kesan pertama pengunjung adalah sebuah lanskap taman pohon dan kolom. Setelah melintasi taman, pengunjung akan menemukan sumbu yang menjadi pembimbing menuju Masjid.

Permukaan kolom terinspirasi oleh tradisi pola geometris Islam yang kaya. Pola perforasi pada kolom dirancang menggunakan script komputer yang dipesan lebih dahulu untuk variasi dan kontrol jumlah cahaya yang masuk melalui struktur atap.

Permainan cahaya dan bayangan menjiwai ruang dan mengaktifkan indra. Dengan cara ini, aspek tradisi Islam diturunkan melalui teknologi abad kedua puluh satu.

Atapnya sendiri dirancang sebagai sebuah pemandangan untuk dilihat dari gedung-gedung tinggi di sekitarnya. Sementara menaranya menandakan kehadiran masjid di lanskap yang lebih luas dari kota.

World Trade Center Abu Dhabi, yang dirancang oleh Foster + Partners, adalah fasilitas campuran yang terintegrasi dengan luas 700.000 meter persegi. Fasilitas ini terdiri dari kantor, tempat tinggal, mal, dan hotel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com