Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Menginspirasi Orang, Muhammad Ali Bangun "Muhammad Ali Center"

Kompas.com - 06/06/2016, 20:33 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KENTUCKY, KOMPAS.com - Mendiang Muhammad Ali tak hanya meninggalkan warisan berupa cerita-cerita tentang kehebatannya, melainkan juga sebuah tempat untuk menginspirasi banyak orang bernama Muhammad Ali Center.

Pembangunan Muhammad Ali Center digagas oleh sang legenda tinju bersama dengan istrinya, Lonnie.

Untuk mengembangkannya, Ali dan Lonnie memilih Lee H Skolnick Architecture + Design Partnership (LHSA+DP) sebagai perancangnya.

LHSA+DP dipilih guna mengembangkan konsep, merencanakan institusionalnya, dan merancang fasilitas guna menghormati raihan Muhammad Ali dengan menggunakan kisah hidupnya agar menginspirasi banyak orang menjadi "best me possible."

Berdasarkan hasil studi dan segala macam proses serta seleksi, LHSA+DP kemudian menghasilkan sebuah bangunan seluas 8,6 hektar yang terdiri dari museum, pusat toleransi dan kesepahaman, sebuah hall of fame olahraga, tempat arsip komemoratif Ali, dan pusat belajar.

Muhammad Ali Center juga memiliki fitur hiburan, edukasi, dan venue rekreasi. Muhammad Ali Center berlokasi di depan sungai di pusat kota Louisville, Kentucky, Amerika Serikat.

Interior naratif di dalam museum mengajak pengunjung melalui busur kehidupan Muhammad Ali sejak masa kecilnya di Louisville hingga menjadi petinju yang meraih gelar tinju dunia kelas berat tiga kali.

Muhammad Ali Center juga menjadi lokasi orang-orang menaburkan bunga dan memberikan belasungkawa selain rumah masa kecilnya yang kini telah diubah menjadi museum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com