Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diincar Ekspatriat, Harga Tanah di Jababeka Rp 20 Juta Per Meter Persegi

Kompas.com - 29/05/2016, 08:32 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

BEKASI, KOMPAS.com - Kawasan Jababeka di Cikarang, Bekasi, semakin diincar pengembang. Mereka memanfaatkan momentum sekaligus menjawab kebutuhan hunian yang kian meningkat.

Statusnya sebagai sentra kawasan industri nasional, Jababeka, tentu saja menjadi gula yang menjanjikan keuntungan.

Betapa tidak, di sini sudah bercokol perusahaan-perusahaan multinasional macam Kraft, Mattel Indonesia, Unilever Indonesia, Kao Indonesia, dan Samsung.

Perusahaan-perusahaan ini mempekerjakan ribuan karyawan. Di antara ribuan ini, terdapat ekspatriat yang jumlahnya tak sedikit.

Jelas, mereka membutuhkan tempat tinggal yang dekat dengan pusat aktivitasnya sehari-hari. Bila harus ulang alik Jababeka-Jakarta, tentu akan sangat menyulitkan, baik dari segi waktu, tenaga, maupun biaya menjadi tidak efisien.

Di sinilah potensi pasar hunian, khususnya apartemen yang didedikasikan untuk ekspatriat. Karena terhitung baru, potensi untuk investasi pun terbuka lebar.

 

"Pasar apartemen di Cikarang khususnya Jababeka ini masih baru dan banyak potensinya untuk kenaikan harga dan sewanya," ujar Direktur Utama Mustika Land Development, David Sudjana, kepada Kompas.com, Sabtu (28/5/2016).

Kenaikan harga tersebut juga berkaitan langsung dengan harga tanah. Contohnya apartemen Mustika Golf Residence (MGR) yang mereka kembangkan.

Menurut David, harga tanah di dalam kawasan Jababeka jauh lebih tinggi ketimbang di luar kawasan.

"Harga tanah di luar kawasan tentunya lebih murah karena tak tertata. Sebaliknya di dalam kawasan kan sudah diatur, sudah ditata dengan baik sehingga kita selaku sub developer juga banyak mendapatkan kenyamanan," tambah dia.

David mengungkapkan, harga tanah di dalam kawasan Jababeka mencapai kisaran Rp 20 juta sampai dengan Rp 28 juta per meter perseginya.

Karena itu, dia membanderol harga apartemen tipe studionya yang hanya seluas 24 meter persegi sekitar Rp 500 juta.

Sedangkan tipe satu kamar seluas 35 meter persegi dan dua kamar berdimensi 44 meter persegi dijual dengan harga mulai dari Rp 1 miliar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com