Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Tampilan Rumah yang Dibangun Hanya dalam Hitungan Hari

Kompas.com - 26/05/2016, 17:12 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Meski dibangun dalam kurun waktu yang cepat dan biaya tak terlampau mahal, Rumah Domus layak dianggap sebagai alternatif hunian bagi masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah.

Pada pameran IndoBuildTech 2016 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Serpong, Tangerang Selatan, PT Tatalogam Lestari menampilkan prototipe rumah tersebut.

Ridwan Aji Pitoko/KOMPAS.com Bagian ruang tamu serba guna di Rumah Domus tipe 36

Rumah Domus yang dipamerkan bertipe 36. Prototipe itu dibangun layaknya rumah sungguhan dengan bata ringan, rangka baja ringan, dan genteng metal yang disusun presisi.

Dari pantauan Kompas.com, Rumah Domus tipe 36 memiliki satu ruang tamu serba guna, dua kamar tidur, satu kamar mandi, dan teras.

Adapun spesifikasinya, pada bagian fisik, dindingnya berupa beton ringan dengan finishing plester plus cat di bagian luar dan acian plus cat di bagian dalam.

Sementara untuk lantainya, rumah tersebut dilengkapi dengan keramik berukuran 40x40 cm, sedangkan pintu bermaterialkan tripleks dicat dan kusennya merupakan kusen alumunium.

Ridwan Aji Pitoko/KOMPAS.com Kondisi kamar mandi Rumah Domus

Lantai dan dinding kamar mandi Rumah Domus tipe 36 itu disusun dengan dilapisi keramik berukuran 20x20 cm dan keramik dimensi 40x40 cm.

Untuk sanitari, digunakan kloset jongkok dengan pintu berbahan PVC.

Pada bagian atap, rumah itu menggunakan rangka atap baja ringan dengan penutup atap genteng dan plafon berupa rangka hollo gipsum.

Ridwan Aji Pitoko/KOMPAS.com Rangka atap baja ringan yang menyusun Rumah Domus

Secara keseluruhan, Rumah Domus memiliki empat tipe, yakni tipe 21, 26, 29, 36, dan 45. Rumah Domus tipe 21 bisa diselesaikan dalam waktu lima hari, sementara tipe 26 selesai dibangun dalam satu minggu.

Sedangkan rumah dengan tipe 29 selesai dalam 10 hari, tipe 36 dua minggu, dan yang paling besar, yakni tipe 45 bisa selesai dibangun dalam kurun waktu tiga minggu.

Ridwan Aji Pitoko/KOMPAS.com Penampakan salah satu kamar Rumah Domus di IndoBuildExpo 2016.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com