Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/05/2016, 11:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Konsep rumah murah, praktis, dan cepat namun tahan gempa jadi dasar penciptaan Rumah Domus.

Rumah itu kini tengah dipamerkan di IndoBuildTech Expo 2016 yang diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Serpong, Tangerang Selatan.

Domus merupakan rumah permanen yang dibangun dengan pengembangan sistem PT Tatalogam Lestari sehingga memungkinkan untuk dibangun cepat.

"Pembangunan Domus ini sekarang kita pakai sistem atau konsep Kanal U makanya pengerjaannya bisa cepat," kata General Manager PT Tatalogam Lestari, Monica Suryanto, di ICE BSD City, Serpong, Tangerang Selatan, Rabu (25/5/2016).

Ada empat tipe Rumah Domus yang dibangun, yakni tipe 21, 26, 29, 36, dan 45.

Monica menjelaskan Rumah Domus tipe 21 bisa diselesaikan dalam waktu lima hari, sementara tipe 26 selesai dibangun dalam satu minggu.

Sedangkan rumah dengan tipe 29 selesai dalam 10 hari, tipe 36 dua minggu, dan yang paling besar, yakni tipe 45 bisa selesai dibangun dalam kurun waktu tiga minggu.

Kecepatan dalam membangun Rumah Domus itu diakui Monica karena penggunaan materialnya yang tepat guna.

"Sebenarnya yang buat kita cepat juga adalah materialnya. Sistemnya pakai bata ringan yang ukurannya kita buat presisi dan Rumah Domus ini proses aci dan plesternya sekali kerja bisa langsung finishing sedangkan kalau biasanya kan plester dan aci prosesnya terpisah," tambah dia.

Kemudian yang membuat Rumah Domus kuat dan tahan gempa adalah keberadaan kolom praktis dan rangka atap baja ringan.

Kombinasinya bersama dengan bata ringan dan genteng metal diklaim Monica semakin menambah daya tahan Rumah Domus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com