Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Manfaat Penggunaan Kayu di Rumah

Kompas.com - 25/05/2016, 21:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Penggunaan material kayu di dalam rumah dinilai memiliki banyak keuntungan, terutama bagi kesehatan penghuninya.

Kayu telah digunakan sebagai bahan bangunan selama ribuan tahun karena karakter alaminya. Sebagai materi yang berasal dari alam, kayu memiliki sifat tidak beracun dan tidak menyalurkan uap kimia ke dalam rumah.

Karakteristik alami lainnya yang dimiliki kayu adalah akan terlihat semakin kuat seiring dengan pertambahan usianya dan dapat menawarkan desain yang abadi sehingga mampu menghadirkan suasana alam ke dalam rumah.

Kayu juga dapat diolah dan digunakan kembali untuk keperluan lain guna menjamin keterbaruan dan daur ulang.

Salah satu perusahaan penyedia kayu dan instalasi serta perawatannya, Tropideck memberikan penjelasan beberapa keuntungan penggunaan kayu di dalam rumah.

Sifatnya yang mampu menyimpan karbon dan dapat didaur ulang menjadi salah satu kegunaan kayu.

Produksi dan pengolahan kayu menggunakan energi yang relatif lebih sedikit daripada pengolahan bahan bangunan lain sehingga energi yang digunakan serta emisi yang dihasilkan lebih rendah.

"Kayu adalah salah satu sumber daya alam yang terbaik. ltulah sebabnya mengapa menggunakan kayu itu baik adanya,” tambah Chief Executive Organizer Tropideck, Ryan Wirasasmita, saat IndoBuildTech Expo 2016, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Serpong, Tangerang Selatan, Rabu (25/5/2016).

Ryan menambahkan kayu yang bisa dan baik digunakan dalam ruangan adalah jenis Hevea, Walnut, Acacia, Mahogany, Merhau, Oak, Teak dan Sungkai.

"Selain itu, kayu yang digunakan untuk aplikasi di luar ruangan adalah jenis Teak, Red Balau, Apitong, Yellow Balau, Merbau, Champor, lronwood, dan Red Meranti," jelasnya.

Selain memaparkan keuntungan dan jenis kayu yang bisa digunakan di dalam dan luar ruangan, Ryan juga menuturkan tantangan yang kerap muncul dalam pengaplikasian kayu di rumah.

Pertama, menurut Ryan adalah pemilihan jenis kayu yang tepat. Sementara tantangan kedua adalah perihal pemilihan pakar kayu.

"Pilihlah pakar kayu yang dapat bekerja sama dalam hal membantu instalasi serta perawatan karena hal ini berkaitan dengan keabadian suatu instalasi kayu," pungkas Ryan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com