Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

70 Persen Jalan Rusak, Airin Ajak Swasta Bangun Infrastruktur di Tangsel

Kompas.com - 25/05/2016, 19:30 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Membangun kota yang cerdas atau smart city, membutuhkan kerjasama pemerintah dan swasta.

Untuk itu, Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mendorong perusahaan swasta untuk melaksanakan kegiatan corporate social responsibilty (CSR).

"Kalau kita tahu, swasta kalau tidak ada keuntungan, sudah serah terima aset, ya sudah. Berarti pengelolaan dan pembiayaan dari kita pemerintah," ujar Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany saat acara Smart City Investment Forum, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang Selatan, Rabu (25/5/2016).

Dalam lima tahun ini, lanjut Airin, Tangsel tengah memfokuskan pada sektor kesehatan dan infrastruktur.

ARI PRASETYO/Kompas.com Kondisi infrastruktur di Jalan Raya Ciputat, Tangerang Selatan, Senin (3/8/2015).
Khusus infrastruktur, 70 persen jaringan jalan di Tangsel dalam keadaan rusak parah. Sementara Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk membiayai pembangunan infrastruktur terbatas.

"Tidak bisa hanya dari APBN atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Dengan demikian, perlu keterlibatan swasta dalam bentuk CSR," kata Airin.

Sayangnya, hingga saat ini, peran CSR di Tangsel belum maksimal.

"Contoh (CSR) untuk mengatasi banjir. Penerbitan IMB itu tidak saja kita (pemerintah), tanda tangan dan selesai. Tapi, bagaimana tugas swasta itu melaksanakan (CSR)," tandas Airin.

Kompas Video Tangerang Selatan, "Pekerjaan Rumah" yang Belum Usai

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com