Arsitek Perancis Bangun Rumah Subur dengan Kebun Sayur - Kompas.com

Arsitek Perancis Bangun Rumah Subur dengan Kebun Sayur

Arimbi Ramadhiani
Kompas.com - 22/05/2016, 23:59 WIB
La Maison Fertile

JAKARTA, KOMPAS.com - Institut Perancis di Indonesia (IFI) bekerja sama dengan Rujak Center for Urban Studies menggelar pameran arsitektur dalam rangkaian Festival Printemps Français 2016.

Pameran yang berlangsung sejak 18 Mei-5 Juni 2016 ini, menampilkan karya arsitek muda dan ahli lanskap Perancis yang meraih penghargaan Albums de Jeunes Architects et des Paysagistes (AJAP).

AJAP merupakan kompetisi arsitek muda berbakat yang diselenggarakan oleh Kementerian Kebudayaan dan Komunikasi Perancis setiap dua tahun.

Salah satunya adalah Ludovic Malbet, yang memenangkan AJAP pada 2011. Saat itu, ia mengusung La Maison Fertile atau Rumah nan Subur.

"Kami sudah memiliki idenya sejak 2009. Untuk itu, kami punya waktu untuk mengembangkannya, baik desain di dalam atau di luar rumah," ujar Malbet di Auditorium lFl Jakarta, Jumat (20/5/2016).

Selama 2009-2011, Malbet juga mengerjakan ukuran dan detail rumah supaya setiap ruangnya bisa terhubung ke sebuah kebun.

Kebun ini, kata Malbet, adalah sebagai bagian utama dalam proyek tersebut. Ia berupaya untuk membuat penghuni mendapatkan pemandangan kebun besar saat membuka jendela.

Selain itu, kebun tersebut bukan berupa taman biasa. Namun, kebun ini juga produktif karena bisa ditanami oleh sayur-sayuran.

"Kami menggunakan banyak teknik lingkungan dan teknik dasar untuk mewujudkan kualitas terbaik agar konsumsi energi tetap rendah pada rumah ini," jelas Malbet.

PenulisArimbi Ramadhiani
EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM