Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pamer Proyek Konstruksi, Pemerintah Gelar Konstruksi Indonesia 2016

Kompas.com - 20/05/2016, 12:30 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka kegiatan Indonesia Infrastructure Week (IIW) 2016, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar pameran Konstruksi Indonesia (KI) 2016 dan The Big 5 Construct Indonesia pada tanggal 9-11 November 2016 di Jakarta Convention Center (JCC).

KI 2016 menghadirkan berbagai peralatan berat dan teknologi mutakhir bagi industri konstruksi infrastruktur.

Sedangkan The Big 5 Construct Indonesia menghadirkan produk-produk bangunan dan konstruksi baru serta inovatif dari berbagai negara di seluruh dunia, termasuk Continuing Professional Development (CPD) bagi para tenaga ahli.

Penggabungan kedua pameran konstruksi besar ini menjadikannya sebagai acara sektor konstruksi kelas dunia terbesar dan terlengkap di Indonesia.

Kedua acara besar ini menjadi ajang pertemuan para pemangku kepentingan dari pemerintah dan sektor swasta.

"Dalam forum interaktif yang menampilkan berbagai proyek pemerintah dan perusahaan pelaku industri konstruksi dan infrastruktur, baik nasional maupun internasional,” ujar Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Yusid Toyib, di Jakarta, Kamis (19/5/2016).

Keikutsertaan The Big 5 Construct Indonesia dalam KI 2016 juga ditujukan untuk membawa acara tersebut ke skala yang lebih besar daripada skala domestik.

"Bergabungnya The Big 5 Construct Indonesia dengan Konstruksi Indonesia tahun ini merupakan langkah yang tepat untuk membawa acara ini ke skala internasional mengingat Indonesia diprediksi akan menjadi pasar konstruksi terbesar ke-lima dunia pada tahun 2025," kata Event Director dmg events, Ashley Roberts, dalam kesempatan yang sama.

Luas area yang digunakan untuk pameran KI setiap tahunnya pun terus bertambah. Pada 2013, luas area hanya 1.117 meter persegi, sementara pada 2014 bertambah menjadi 2,971 meter persegi dan kemarin pada 2015 kembali bertambah menjadi 3.098 meter persegi.

"Untuk 2016 ini, okupansi pameran sudah 60 persen dengan luas area yang bakal kita gunakan 7.500 meter persegi." jelas Managing Director PT Infrastructure Asia, Sari S Riana.

Peningkatan lainnya, lanjut Sari juga terjadi pada jumlah peserta pameran. Sekitar 45 perusahaan mengikuti KI 2013, kemudian jumlah itu bertambah menjadi 48 perusahaan dan bertambah lagi menjadi 154 perusahaan pada KI 2015.

Sari menambahkan peningkatan juga terjadi pada sektor pengunjung pameran. Bila dibandingkan tahun 2014, jumlah pengunjung di KI 2015 bertambah 36 persen menjadi 7.225 orang.

"7.225 pengunjung KI 2015 termasuk kontraktor utama, BUMN, dan para profesional di bidang konstruksi memiliki spending power dengan total jumlah mencapai 50 miliar dollar AS (Rp 679 triliun)," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com