Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari 7 Kesalahan Umum yang Bikin Rumah Lebih Sempit!

Kompas.com - 18/05/2016, 23:30 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KOMPAS.com - Ketika datang kesempatan merancang sebuah ruangan dengan baik maka setiap inci ruangan tersebut sangatlah bermakna.

Oleh sebab itu, menyusun segala macam furnitur di dalam ruangan akan terasa menyulitkan tak peduli seberapa besar ruang yang Anda miliki.

Jasa penyewaan asal Berlin, Jerman, bernama Wimdu memiliki beberapa trik untuk menyiasati cara mendekorasi atau merancang sebuah ruangan.

Wimdu juga menyebutkan setidaknya ada tujuh kesalahan mendekorasi ruangan di dalam rumah yang membuatnya jadi lebih kecil dari semestinya.

Kesalahan-kesalahan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Menyamakan segala sesuatu

Kesalahan yang sering muncul ketika Anda menyamakan semua barang dari segi warna, bahan, dan pola membuat semua hal di dalam ruangan akan terlihat sama dan hanya satu jenis.

Untuk menghindarinya, Anda bisa menambahkan variasi dengan mencampurkan gaya pada bantal, sofa, dan kain pelapis di dalam ruangan.

www.designboom.com Tak ada yang terhalang oleh salah satu dinding atau pintu, karena ruang tangga pun dimasukkan sebagai ruang tamu tambahan.
Jika Anda merupakan penggemar dekorasi penuh koordinasi, mesti membatasi tema yang digunakan pada dinding atau furnitur, tetapi jangan membatasi keduanya, cukup salah satunya.

2. Wallpaper berwarna gelap

Pada dasarnya wallpaper berwarna gelap menyerap cahaya sehingga ketika hal tersebut diaplikasikan pada sebuah ruangan, akan terasa lebih kecil daripada kondisi sebenarnya.

Untuk mengantisipasinya, Anda bisa menggunakan wallpaper berwarna terang yang membuat ruangan jadi lebih luas dan terbuka.

Namun, jika Anda diharuskan memakai wallpaper gelap, batasi penggunaannya pada dinding saja.

3. Salah meletakkan furnitur

Perilaku meletakkan seluruh furnitur berdempetan dengan dinding akan membuat satu jurang kehampaan besar di tengah ruangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com