Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Hobbit Tanpa Listrik Resmi dibangun di Washington

Kompas.com - 18/05/2016, 19:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com - Tokoh hobbit dengan rumah mungil yang diciptakan J.R.R Tolkien seolah menjadi inspirasi bagi orang-orang untuk menciptakan rumah berkelanjutan.

Entrepreneur rumah-rumah mungil, Kristie Wolf kemudian memutuskan merancang rumah Hobbit persis seperti di film Hobbit di Washington.

Wanita tersebut bahkan tidak hanya menyelesaikan satu rumah Hobbit, melainkan akan menyusul dua lagi.

Wolfe, yang juga berprofesi sebagai desainer baju berhasil menemukan lahan seluas 2,2 hektar di dekat Chelan, Washington, Amerika Serikat (AS) untuk menjadi tempat pembangunan rumah Hobbit-nya di dekat gunung.

Rumah tersebut seluas 26,8 meter persegi dan memiliki fasilitas layaknya rumah pada umumnya, yakni satu kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan ruang tamu.

Unsur-unsur rumah di pedesaan seperti jendela bulat dan perapian dari batu menjadi hal utama rumah Hobbit.

Wolfe semakin kreatif dengan menambahkan alat-alat seperti gulungan kabel dan mangkuk kayu apung untuk aksesori interiornya.

Dia juga menggunakan gulungan tersebut untuk pintu bulat dan mengubah mangkuk kayu apung menjadi wastafel yang indah.

Tidak hanya dibuat sempurna secara desain untuk para penggemar Hobbit karya Tolkien, rumah rancangan Wolfe ini juga bersifat off-grid atau tidak tersambung jaringan listrik.

Sebagai gantinya, Wolfe memasang tiga panel surya yang dihubungkan dengan baterai-baterai berdaya enam volt.

Rumah Hobbit tersebut menerima pasokan air dari menara air di dekatnya dan sistem daur ulang pengolahan air keruh digunakan untuk pengairan rumput di sekitar rumah.

Sementara itu, untuk menjaga suhu panas di dalam rumah Wolfe menggunakan panas yang dihasilkan dari sampah dan propana di dalam septic tank.

Bagi siapapun yang ingin menginap di rumah Hobbit milik Wolfe diharuskan membayar 220 dollar AS atau Rp 2,9 juta per malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com