Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perumnas Gandeng Pemprov Sumsel Bangun Wisma Atlet Rp 600 Miliar

Kompas.com - 18/05/2016, 16:59 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perum Perumnas bersama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) menandatangani perjanjian kerjasama membangun Kawasan Hunian Terpadu Wisma Atlet di Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan.

Wisma Atlet ini mencangkup enam menara rumah susun di atas lahan seluas 5 hektar dan akan diperuntukan bagi peserta Asian Games 2018.

"Kawasan hunian atlet ini akan menjadi yang terbesar dan terintegrasi di Palembang. Ini merupakan terobosan baru yang diinisiasi oleh Perumnas dengan tidak terlalu membebankan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)," ujar Direktur Utama Perum Perumnas Himawan Arief Sugoto saat penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, di Palembang, Rabu (18/5/2016).

Ia mengatakan, mayoritas pendanaan berasal dari internal Perumnas dan pinjaman perbankan, yaitu PT Bank Tabungan Negara Tbk dan PT Bank Sumsel Babel.

Peletakan batu pertama atau ground breaking Wisma Atlet Jakabaring akan dilakukan pada akhir bulan ini.

Ditargetkan, pembangunannya akan rampung pada semester II-2017, atau sebelum pelaksanaan perhelatan Asian Games 2018 di Palembang dan Jakarta.

Untuk membangun Wisma Atlet ini, total investasi mencapai sekitar Rp 600 miliar. Satu menara terdiri atas 23 lantai. Kawasan Hunian Terpadu Wisma Atlet ini dapat menampung sekitar 2.600 hunian atlet.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Sumsel Alex Noerdin menjelaskan Pemprov Sumsel menyambut baik terobosan pembangunan lanjutan atas wisma atlet Jakabaring ini.

"Ini proyek nasional tapi non-APBN. Jarang-jarang proyek nasional tapi non-APBN," jelas Alex.

Sementara untuk melengkapi fasilitas umum dan fasilitas sosial, Perumnas akan membangun rusun tersebut dengan kualitas hotel bintang tiga.

Mereka melengkapinya dengan function hall dan fasilitas komersial lainnya yang akan menunjang aktivitas penghuni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com