Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Perusahaan Otomotif Buka Pabrik di Kawasan Industri Deltamas

Kompas.com - 11/05/2016, 18:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Puradelta Lestari Tbk tengah menjalani proses untuk bekerjasama dengan lima perusahaan yang berpotensi menggunakan lahan di kawasan industri Deltamas Cikarang, Greenland International Industrial Center (GIIC).

Dari 5 perusahaan ini, 2 di antaranya sudah mencapai tahap final.

"Perusahaannya bervariasi, dari Jepang dan luar jepang. Tetapi, bukan mayoritas dari Jepang," ujar Presiden Direktur Hongky Jeffry Nantung, usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), di Jakarta, Rabu (11/5/2016).

Menurut Hongky, karena tidak semuanya dari Jepang, kelima perusahaan ini sedikit berbeda dari perusahaan yang sudah menempati GIIC sebelumnya.

Hal ini membuat proses kesepakatan berjalan cukup lama karena perusahaan-perusahaan tersebut belum terbiasa dengan iklim investasi di Indonesia.

Meski menolak mengungkapkan identitasnya, Hongky memastikan kelima perusahaan ini bergerak di sektor otomotif. 

Sementara itu, menurut Direktur Puradelta Hermawan Wijaya target tahunan Puradelta sendiri adalah 50 hektar lahan industri terjual.

"Dari lima (perusahaan) ini, kalau bisa didapatkan tahun ini, bagus. Tapi, kalau tidak, masih bisa tahun depan," kata dia.

Meski demikian, Hermawan optimistis target ini bisa tercapai. Jika kerjasama Deltamas dengan dua perusahaan berhasil, maka 70-80 target penggunaan lahan terlampaui.

Peospek kawasan industri, kata dia, cukup bagus, seiring kebijakan pemerintah yang mengeluarkan paket-paket ekonomi.

Paket ekonomi tersebut bagaimana mengundang investor asing ke Indonesia, seperti kemudahan perizinan hingga potongan pajak untuk kawasan industri.

"Paket ekonomi ini, diharapkan bisa menangkap peluang yang ada," tuntas Hermawan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com