Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Program SDA, Pemerintah Buka 300.000 Lapangan Kerja Baru

Kompas.com - 10/05/2016, 18:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Air memiliki dua fungsi yaitu air untuk kehidupan dan penghidupan. Fungsi kehidupan menunjukkan bahwa tidak ada makhluk hidup tanpa air.

Sementara fungsi penghidupan, artinya air bisa menghasilkan pekerjaan, misalnya pertanian dan industri.

"Kita harapkan, kalau dari hitungannya untuk setiap tahun dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA), program sumber daya air (SDA) membuka 200.000-300.000 lapangan pekerjaan," ujar Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mudjiadi di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Selasa (10/5/2016).

Hubungan antara SDA dan lapangan pekerjaan, menurut Mudjiadi, bisa dilihat dari tahapannya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan pemanfaatan program.

Selama ini, pemerintah berupaya agar mulai dari perencanaan dan pemanfaatan, program SDA bisa menciptakan lapangan pekerjaan.

Pasalnya, setiap pelaksanaan program, menyerap sejumlah tenaga kerja. Mudjiadi mencontohkan, program irigasi yang banyak menciptakan lapangan kerja karena bersifat manual.

Sementara program bendungan lebih didominasi oleh peralatan dan program sungai yang membutuhkan keduanya, baik manusia maupun peralatan.

Hari Air Dunia

Setiap tahun, pemerintah memperingati Hari Air Dunia yang jatuh pada 22 Maret.
Untuk itu, salah satu kegiatannya adalah mengadakan pameran.

"Kenapa adakan pameran? Karena untuk (wadah) interaksi masyarakat bahwa sampai sejauh mana teknologi, pengelolaan, dan inovasi SDA sudah terbentuk selama ini," jelas Mudjiadi.

Saat ini, pameran bertajuk Hari Air Dunia dengan tema "Air dan Pekerjaan" digelar di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) selama 3 hari mulai 10-12 Mei 2016.

Kegiatan ini diikuti 166 peserta yang berasal dari Sabang sampai Merauke. Para peserta ini terdiri dari unit kerja Kementerian PUPR, Balai Wilayah Sungai (BWS) di lingkungan Direktorat Jenderal SDA, badan usaha milik (BUMN), swasta, organisasi profesi, perguruan tinggi, dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Dalam pameran ini ditampilkan hasil-hasil penelitian pengembangan bidang SDA baik dari aspek konservasi maupun pendayagunaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com