Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mempertahankan Keberlanjutan Sumber Daya Air Membuka Lapangan Kerja

Kompas.com - 10/05/2016, 13:06 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Peringatan Hari Air Dunia kali ini yang digelar Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengambil tema utama yaitu "Air dan Lapangan Kerja".

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, program-program yang berkenaan dengan sumber daya air (SDA) di lingkungan PUPR bisa menciptakan lapangan kerja.

"Setiap memperingati Hari Air Dunia, kita harus evaluasi apa yang sudah dilakukan sebagai khalifah di bumi. Tugas kita adalah menjaga bumi bukan merusak, dengan mempertahankan keberlanjutan air menciptakan lapangan kerja," ujar Basuki saat sambutan di Pameran Hari Air Dunia di Gelora Bung Karno (GBK), Selasa (10/5/2016).

Basuki mengatakan, program-program SDA di Kementerian PUPR maupun di lembaga/kementerian lain yang berhubungan dengan air akan menyerap tenaga kerja yang tidak sedikit.

Hal ini, kata dia, akan berkontribusi pada pengurangan kemiskinan dan ketimpangan di Indonesia. Basuki menambahkan, persoalan air merupakan masalah yang serius. Pasalnya, air menjadi kebutuhan utama bagi setiap manusia.

Jika air tidak berkualitas atau jumlahnya tidak memadai, akan muncul permasalahan di masyarakat.

Untuk itu, pada kesempatan yang sama, Basuki mengapresiasi pembuatan film My Journey: Mencari Mata Air. Film ini, menurut Basuki, menggambarkan pentingnya air dalam kehidupan masyarakat.

"Film ini akan diputar di 4.000 desa dan sekolah-sekolah untuk memperlihatkan pentingnya air yang bersih," sebut Ully Sigar Rusadi, salah satu pemain film tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com