Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Rahasia Menata Rumah dari Jepang

Kompas.com - 06/05/2016, 20:00 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Kompas.com -- Anda sudah pernah mendengar mengenai ikebana, seni menata bunga dari Jepang, bagaimana dengan metode KonMari?

KonMari adalah metode menata rumah oleh Marie Kondo, penulis buku best-seller “The Life Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing” yang telah terjual sebanyak dua juta kopi.

Jika anda tidak punya waktu untuk membeli dan membaca buku ini, berikut adalah beberapa pelajaran dari metode Konmari.

Lepaskanlah beberapa benda untuk hal-hal yang lebih penting.

Sebelum anda mulai merapikan, bayangkanlah hidup dengan rumah yang seperti Anda inginkan. Apakah lebih banyak ruang untuk hobi Anda atau memiliki bayi?

Menetapkan prioritas dapat mempersiapkan Anda untuk melepaskan hal-hal yang selama ini menghalangi hidup Anda.

Simpan hanya barang-barang yang membuat Anda bahagia.

Bagaimana cara untuk menentukan hal itu? Kondo menyarankan untuk mengambilnya, menginspeksi dan membayangkan hidup Anda tanpa benda tersebut.

Kadangkala benda ini tidak selalu rasional. Kondo sendiri mempertahankan sebuah T-Shirt yang ia dapatkan di sebuah pameran walaupun banyak orang menghina pakaian tersebut.

Kondo menulis, “bila Anda dapat berkata tanpa ragu bahwa Anda benar-benar menyukai benda tersebut, jangan pedulikan orang lain.”

“Suatu saat” tidak akan pernah datang.

Banyak hal kita pertahankan karena mungkin kita akan membutuhkannya suatu saat nanti. Setumpuk kosmetik yang berdebu, baju yang sudah tidak sesuai zaman atau tumpukan majalah tua…

Menurut Kondo, suatu benda kehilangan arti saat dia sudah tidak digunakan lagi. Oleh karena itu, lebih baik kita melepaskan benda-benda ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com