Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Kapuas III Dorong Kebangkitan Ekonomi Kalimantan Barat

Kompas.com - 04/05/2016, 16:30 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

KUBU RAYA, KOMPAS.com – Tak hanya mengurai arus lalu lintas, pembangunan Jembatan Kapuas III diharapkan bisa menjadi kebangkitan perekonomian wilayah Kalimantan Barat.

Wakil Ketua MPR RI, Oesman Sapta Odang mengungkapkan hal tersebut saat meninjau lokasi yang direncanakan akan dibangun Jembatan Kapuas III di Desa Sungai Rengas, Kecamatan Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Rabu (4/5/2016).

“Apabila (jembatan) ini terbuka, maka akan ada kehidupan ekonomi untuk masyarakat di sekitarnya. Ekonomi seketika akan hidup,” kata Oesman.

Dia melanjutkan, efek ikutan dari pengembangan infrastruktur ddasar ini sangat besar. Nantinya, aktivitas ekonomi dalam skala besar dan kecil seperti penjual sayuran, makanan, minuman, dan kerajinan akan semakin dinamis.

Gambaran yang disampaikan tersebut, kata Oesman, terlihat sederhana, tapi menurutnya itu merupakan kebangkitan di Kalimantan Barat.

“Karena kalau Jawa masa lalu, Sumatera masa kini, maka Kalimantan lah masa yang akan datang. Jadi, ini memang saatnya bagi Kalimantan untuk bangkit dan membangun,” katanya.

Terkait realiasai pengerjaan proyek jembatan tersebut, lanjut Oesman, sudah diajukan beberapa waktu lalu. Saat ini, ia bekerjasama dengan pihak terkait seperti Pemerintah Daerah, Pelindo, Dinas Pekerjaan Umum, dan Badan Perencanaan Pembangunan untuk merumuskan pembangunan jembatan tersebut.

Perencanaan pembangunan jembatan dan jalan lingkar luar sebagai pendukungnya, diperkirakan menelan anggaran senilai Rp 7 triliun.

Angka tersebut, menurut Oesman, masih kecil jika dibandingkan dengan pertumbuhan penduduk yang mencapai 4,6 juta orang.

“Dengan dibangunnya jembatan itu, maka infrastruktur lainnya akan ikut serta,” pungkas Oesman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com