Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11.642 Rusunawa Bakal Dibangun Tahun Ini

Kompas.com - 03/05/2016, 20:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain membangun 11.196 unit rumah susun sewa (rusunawa) strategis di Kemayoran, Pasar Rumput, Pasar Minggu, dan Pondok Kelapa, Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana membangun 11.642 unit rusunawa selama tahun 2016.

"Untuk target pembangunan kami tahun ini akan dibangun di luar empat rusunawa strategis itu dan tersebar di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Pulau Jawa, Kalimantan, dan bahkan sampai ke Papua," jelas Direktur Rumah Susun Ditjen Penyediaan Perumahan, Chris Robert Marbun, di Jakarta, Selasa (3/5/2016).

Jadi, sepanjang tahun ini, pemerintah akan mendirikan 159 menara rusunawa di seluruh Indonesia. Proporsi pembangunan rusunawa ini sendiri akan dilakukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah, pekerja, TNI, Polri, Mahasiswa, dan Pondok pesantren (ponpes).

Adapun untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) akan dibangun 57 menara sebanyak 6.272 unit, pekerja tujuh menara dengan total unit sebanyak 798.

Kemudian untuk TNI dan Polri masing-masing akan dialokasikan sebanyak 26 menara (1.095 unit) dan 22 unit sebanyak 985 unit.

Berikutnya adalah rusunawa bagi mahasiswa sebanyak 22 menara dengan total unit mencapai 1.590 dan ponpes sebanyak 902 unit dari total 25 menara yang didirikan.

Kendati begitu, Robert mengakui jika pembangunan rusunawa ini jumlahnya akan berbeda di setiap provinsi, tergantung kebutuhannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com