Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

80 Persen Pekerjaan Konstruksi Pakubumi Terkonsentrasi di Pulau Jawa

Kompas.com - 03/05/2016, 08:15 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Perusahaan swasta nasional di bidang konstruksi PT Pakubumi Semesta telah membangun fondasi struktur di beberapa kota di Indonesia. Namun, dari semua proyek Pakubumi, sebanyak 80 persen masih terkonsentrasi di Pulau Jawa.

"Kami masih bangun di Yogyakarta dan Semarang. Saat ini di Karawang pun bangun, Bekasi ada," ujar Presiden Direktur PT Pakubumi Semesta Agus Budiarto di Synthesis Residences, Jakarta, Senin (2/5/2016).

Kebanyakan dari proyek-proyek garapan Pakubumi merupakan bangunan apartemen. Selain itu, Pakubumi juga terlibat pembangunan light rail transit (LRT) Cawang-Cibubur dan Wisma Atlet untuk ASEAN Games di Kemayoran.

Proyek Pakubumi lainnya terletak di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Agus menyebutkan, proyek ini adalah pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Lontar.

Menurut dia, proyek ini sudah hampir selesai dan akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Agus menambahkan, hampir semua proyek tersebut merupakan race program yang artinya ditargetkan selesai dalam waktu dekat. Hal ini seiring dengan visi pemerintahan yang tengah menggalakkan pembangunan infrastruktur.

Meski terkonsentrasi di Pulau Jawa, garapan Pakubumi juga tersebar di Banda Aceh dan Palembang.

"Di Banda Aceh, kami bangun fly over. Infrastruktur cukup bagus juga di sana. Mulai ada pembangunan underpass," jelas Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com