Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakubumi Jamin Fondasi Tahan Ratusan Tahun

Kompas.com - 02/05/2016, 16:38 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Perusahaan kontraktor swasta nasional PT Pakubumi Semesta bergerak di bidang jasa pembuatan fondasi dan struktur bangunan atau infrastruktur.

Selama 40 tahun, perusahaan ini mampu memasang tiang pancang dengan diesel, mengerjakan tiang bor, dinding diafragma, sheet pile, tiang precast, dan uji pembebanan tiang.

Presiden Direktur PT Pakubumi Semesta Agus Budiarto menjamin fondasi yang telah dikerjakan bertahan dalam jangka waktu sangat lama.

"Jadi, tidak usah khawatir (akan roboh) karena fondasi bisa tahan ratusan tahun," ujar Agus di Synthesis Residences Kemang, Jakarta, Senin (2/5/2016).

Ia mengatakan, perusahaannya biasa bekerja tepat waktu, tetapi tetap mengedepankan kualitas. Selama ini, Pakubumi telah dipercaya sejumlah pengembang bangunan tinggi untuk membuat fondasinya.

Agus mencontohkan, salah satu portofolio Pakubumi adalah menara kantor Bank BCA di Grand Indonesia yang menjulang setinggi 56 lantai.

Gedung tersebut, menurut Agus, menjadi salah satu gedung perkantoran tertinggi di Indonesia dan hingga kini masih berdiri dengan megah.

Selain menara BCA, fondasi gedung tinggi lainnya yang dibangun Pakubumi adalah kantor Suara Merdeka di Jawa Tengah. Bangunan ini juga diklaim sebagai salah satu gedung tertinggi di Jawa Tengah.

Kini, Pakubumi kembali diminta untuk membangun fondasi Synthesis Residences di Jalan Ampera Raya, Kemang, Jakarta. Kerja sama ini ditandai dengan memorandum of understanding (MoU) antara Pakubumi dan Synthesis Development.

"Fondasi adalah awal dan tahap paling penting. Di atasnya, bisa dibangun gedung yang cukup baik. Merupakan kebanggaan bagi kami bisa melaksanakan proyek untuk gedung bertingkat tinggi," kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com