Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Rekor Dunia di Sektor Perhotelan

Kompas.com - 02/05/2016, 10:03 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Hal-hal unik yang akan menjadi nilai tambah bisnis perhotelan, tercatat sebagai rekor dunia baru versi "Guinness Book of World Records".

Satu di antaranya adalah perpustakaan tertinggi di dunia yang ada dalam bangunan JW Marriott Hotel Shanghai, di Pudong.

Bayangkan, sebuah ruang baca sekaligus koleksi penyimpanan buku ada dalam sebuah fasilitas akomodasi. Tentu sesuatu yang luar biasa.

Perpustakaan dengan lebih dari 2.000 buku dalam bahasa Inggris dan Mandarin ini berada di lantai 60 atau 230,0 meter di atas permukaan tanah.

Untuk bangunan hotel dengan karakter spesifik yang ditujukan sebagai sebuah landmark, kehadiran perpustakaan ini sama halnya dengan penghargaan eksklusif demi layanan hotel paripurna.

Perpustakaan JW Marriott Shanghai ini hanyalah satu dari 193 rekor lainnya di sektor perhotelan yang tercatat dalam "Guinness Book of World Records".

Namun, di antara ratusan rekor tersebut, Tophotelprojects, memilih empat catatan di bawah ini untuk mendampingi perpustakaan JW Marriott Shanghai.

Menurut Tophotelprojects, keunikan dari mereka bisa menjadi kelebihan untuk kepentingan pemasaran hotel.

Keempatnya adalah hotel terbesar di dunia yang disandang oleh First World Hoteel di Pahang Darul Makmur, Malaysia. Hotel ini menampilkan sebanyak 7.351 kamar.

Kemudian hotel terkecil di dunia yakni Eh'häusl di Amberg, Jerman, dengan luas bangunan hanya 53 meter persegi.

Berikutnya hotel tertua di dunia yakni NisiYAMA Onsen Keiunkan di Yamanashi, Jepang, yang dibuka dan beroperassi pada 705 sebelum masehi.

Terakhir, hotel suite terbesar di dunia yang disandang Royal Suite di Grand Hills Hotel & Spa di Broummana, Lebanon. Kamar suite ini berukuran 4.131 meter persegi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com