Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Kutu Kasur, Jangan Pakai Seprai Warna Ini!

Kompas.com - 30/04/2016, 23:36 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah penelitian menunjukkan, kutu kasur atau kepinding menyukai warna tertentu dari seprai yang digunakan untuk membungkus tempat tidur.

Penelitian itu melibatkan berbagai macam tes dan menghasilkan bukti bahwa kepinding akan tinggal dan beranak pinak di kasur dengan seprai berwarna tertentu.

Fakta yang ditemukan, kepinding sangat menyukai warna merah dan hitam. Namun, hewan dengan nama latin cimex lectuarius itu cenderung menghindari warna hijau dan kuning.

Para peneliti beranggapan, temuan ini dapat membantu dalam hal mengendalikan dan memerangkap hama atau kepinding.

"Kami lantas berpikir bagaimana Anda dapat meningkatkan jebakan untuk kepinding dengan menggunakan sebuah alat pengawasan yang bertindak sebagai tempat persembunyiannya dengan menggunakan warna atraktif bagi kepinding," kata Asisten Profesor Biologi Union College, Corraine McNeill.

McNeill menyarankan untuk menambahkan zat pengendali hama pada seprai kesukaan kepinding seperti feromon atau karbondioksida.

Saat uji laboratorium, preferensi warna kepinding tergantung dari usia, jenis kelamin, rasa lapar, dan statusnya apakah berada dalam kelompok atau hanya sendiri.

Namun secara umum, preferensi kepinding terhadap warna merah dan hitam adalah sebuah hal yang lazim.

"Kami awalnya berpikir kepinding menyukai merah karena sama dengan warna darah yang merupakan makanannya, namun setelah melakukan penelitian hal itu terjadi karena warna kepinding sendiri merah dan itu sangat cocok sebagai penyamarannya," jelas McNeill.

Sementara warna hijau dan kuning dianggap kepinding sebagai warna terang benderang yang akan menunjukkan keberadaannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com