Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuma Hitungan Menit, Anda Bisa Menggambar Rancangan Rumah Sendiri!

Kompas.com - 29/04/2016, 19:02 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KOMPAS.com - Ingin punya rumah, tapi tak bisa merancang sendiri? Jangan khawatir. Kini, ada sebuah aplikasi yang memudahkan Anda menggambar rancangan rumah hanya dalam hitungan menit.

Nama aplikasinya RoomScan. Aplikasi untuk iOS tersebut berfungsi menggambar rancangan bentuk rumah yang diinginkan. Caranya pun sangat mudah, cukup tempelkan perangkat Apple Anda ke dinding dan RoomScan akan menggambarkan denah rumah.

Dengan menggunakan internal sensor di iPhone, RoomScan mengenali rangkaian permukaan datar vertikal dan mengukur jarak di antara permukaan serta menciptakan rencana bangunan yang akurat. 

RoomScan diklaim memiliki pengukuran akurat dengan ketelitian mendekati 10 cm atau 6 inci. Aplikasi ini berbasis fitu-fitur yang tersedia secara gratis.

Selain menyenangkan untuk bermain, aplikasi RoomScan juga cukup berguna dalam kegiatan setiap hari.

Aplikasi ini memungkinkan untuk pengukuran lebih akurat bila dikombinasikan dengan penggunaan laser pengukur.

Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan kemampuan memasukkan pengukuran kedua untuk menciptakan sebuah rencana bangunan yang 'sempurna.'

Anda kemudian bisa mengekspor gambar dari RoomScan menjadi format PDf atau DXF untuk digunakan di AutoCAD atau SketchUp. Sekadar informasi, teknologi dalam aplikasi ini juga sudah ada hak patennya sendiri.

Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa saksikan video RoomScan di sini. Nah, tertarik dengan aplikasi ini?

Jika iya, Anda bisa mengunduhnya dengan gratis di sini atau bisa membeli versi lengkapnya di sini untuk fitur lebih lengkap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com