Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pertimbangan Investor Sebelum Buka Hotel di Daerah

Kompas.com - 28/04/2016, 23:59 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beberapa faktor yang dipertimbangkan investor sebelum memulai bisnis perhotelan di daerah baru.

Vice President Development and Executive Director Accor Hotels, Indonesia and Malaysia, Rio Kondo mengatakan, ke manapun ia pergi ke destinasi baru, kemudahan akses merupakan hal yang pertama ia lihat.

"Tempat ini harus bisa diakses. Tergantung kelasnya, kita butuh bandara domestik atau mungkin yang lebih tinggi, bandara internasional," ujar Rio, saat acara Hospitality Investment Conference Indonesia, di Hotel Raffles Jakarta, Kamis (28/4/2016).

Ia mengatakan, infrastruktur berupa jalan juga dibutuhkan supaya orang-orang lokal dan turis bisa mencapai destinasi wisata.

Selain infrastruktur, pasokan listrik dan air pun menjadi pertimbangan penting sebelum hotel Accor dibangun di suatu daerah.

Rio menambahkan ada satu faktor lagi yang cukup penting, namun bukan terutama. Faktor ini adalah daerah yang dituju, memiliki populasi penduduk lokal cukup besar.

"Akan sangat baik jika di daerah ada satu juta orang dibandingkan hanya seribu orang," sebut Rio.

Namun, meski dalam satu daerah telah memiliki syarat-syarat tersebut, tidak lantas Accor langsung menempatkan diri di sana.

Rio menyebut, hal-hal ini haruslah berlangsung selama jangka panjang. Pasalnya, pembangunan hotel tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat.

Untuk pengembangan fisiknya sendiri saja, memakan waktu tahunan. Belum lagi menunggu bisnisnya stabil yang tidak bisa diprediksi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com