Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejar Target 20 Juta Wisman, HICI Digelar di Jakarta

Kompas.com - 28/04/2016, 12:52 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bekerjasama dengan Sphere Conferences atau lengan konferensi Singapore Press Holdings Limited (SPH) menggelar Hospitality Investment Conference Indonesia 2016.

Konferensi ini juga pernah diadakan pada tahun lalu. Tujuannya adalah untuk mendukung usaha Kemenpar dalam mencapai target 20 juta pengunjung asing pada 2020 dengan menjaring para investor di bidang perhotelan.

"Hotel tidak lagi gambar tapi sudah ground breaking (pencanangan), bahkan dalam tahap konstruksi, sehingga menunjang target pemerintah," ujar Kepala Bidang Investasi Pariwisata Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Hengky Manurung, di Hotel Raffles, Jakarta, Rabu (28/4/2016).

Ia mengatakan, pengembangan hotel ini bisa menampung pergerakan wisatawan lokal dan mancanegara. Di nusantara sendiri, potensi pergerakan wisatawan lokal mencapai 200 juta orang.

Melalui HICI, pemerintah dan Sphere mengundang beberapa pelaku profesional di ranah perhotelan global untuk duduk bersama.

Menurut Hengky, dengan adanya konferensi ini, para pelaku bisa mengembangkan bisnisnya di 10 destinasi wisata prioritas, antara lain Danau Toba, Sumatera Barat, Tanjung Pinang, Bangka Belitung, dan Tanjug Lesung, Banten.

Dengan demikian, penyebaran pusat pengembangan pariwisata akan semakin baik di masa mendatang.

Beberapa topik yang dibahas mencakup pandangan pengembangan di Indonesia, merek dan desain hotel, pencapaian keunggulan operasional dan pembukaan hotel, termasuk segmen pasar perhotelan yang beragam.

Selain itu, HICI juga membahas diskusi mengenai tujuan-tujuan wisata baru, memfasilitasi diskusi-diskusi di antara pemilik hotel, pekerja, pengembang, dan investor mengenai kesempatan investasi di Indonesia.

Adapun rantai hotel yang turut hadir pada acara ini yaitu, Accor, Archipelago International, Artyzen Hospitality, Batiqa Hotels, Melia Hotels International, PT Panorama Land Development, Raffles Jakarta, Red Planet Indonesia, Totels, Cachet Hotel Group, dan sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com