Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Trans-Jawa, Tumpuan Utama Saat Mudik Lebaran Tiba (III)

Kompas.com - 28/04/2016, 12:01 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Musim mudik Lebaran 2016 hanya menyisakan waktu sekitar dua bulan. Oleh sebab itu, pemerintah kembali fokus dalam penyelesaian Jaringan Tol Trans-Jawa yang diperkirakan akan menjadi tumpuan pemudik menjelang hari raya Idul Fitri.

Jalan Tol Trans-Jawa terdiri dari tujuh ruas dengan total panjang mencapai 498,23 kilometer. Biaya investasi yang dibutuhkan untuk membangun ketujuh ruas itu adalah Rp 40,37 triliun.

Biaya pembebasan tanah langsung dibebankan kepada Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sebesar Rp 8,29 triliun. Sementara itu, untuk biaya konstruksinya, BPJT memperkirakan butuh biaya hingga Rp 22,57 triliun.

Ketujuh ruas tersebut tidak termasuk ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang sudah beroperasi pada 2015 silam dan ruas Tol Kanci-Pejagan yang juga sudah beroperasi pada Januari 2010.

Tulisan ini merupakan lanjutan dari yang pertama Baca: Tol Trans-Jawa Tumpuan Utama Saat Mudik Lebaran Tiba (I) dan kedua Baca: Tol Trans-Jawa Tumpuan Utama Saat Mudik Lebaran Tiba (II)

Perjalanan Kompas.com berikutnya adalah menuju lokasi pembangunan Tol Semarang-Solo Seksi III Ruas Bawen-Salatiga. Terlihat progres pembangunan Jembatan Kali Tuntang, kelanjutan dari Simpang Susun Bawen yang sudah beroperasi.

Jembatan Kali Tuntang dirancang sepanjang 370 meter dengan menembus Tebing Tuntang di Kabupaten Semarang. Pembangunannya merupakan bagian pengerjaan paket 3.1 Ruas Bawen-Polosiri, bagian dari Seksi III Bawen-Salatiga.

"Jembatan Tuntang dibangun oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk. dengan delapan pilar di bawahnya. Saat ini kita tengah menunggu pembangunan pilar ketiga yang paling tinggi yakni 59 meter," jelas Manajer Proyek Tol Semarang-Solo Seksi 3 Ruas Bawen-Salatiga, Indriyono, di lokasi proyek, Selasa (26/4/2016).

Ridwan Aji Pitoko/Kompas.com Konstruksi Jembatan Tuntang sepanjang 370 meter yang merupakan bagian dari Seksi 3 Tol Semarang-Solo yang menghubungkan ruas Bawen-Salatiga, Selasa (26/4/2016).

Setelah melihat pembangunan Jembatan Kali Tuntang, Kompas.com diajak berkendara menyusuri jalan yang menjadi lokasi pembangunan Seksi III Ruas Bawen-Salatiga.

Sepanjang perjalanan lebih kurang 10 kilometer, pengerjaan tol terus dikebut dengan banyaknya alat berat seperti ekskavator yang mengeruk tanah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com