Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daripada Dibuat Superblok, Pulau Reklamasi Lebih Baik untuk Kampung Nelayan

Kompas.com - 16/04/2016, 17:30 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Reklamasi yang dilakukan di Pantai Utara (Pantura) Jakarta dinilai akan lebih bermanfaat jika ditujukan untuk kesejahteraan nelayan.

"Kita perlu mengelola permukiman di Pantura Jakarta dan ada baiknya pulau-pulau palsu itu dibuat untuk permukiman nelayan dengan sanitasi dan fasilitas lainnya yang lebih baik," ucap Ketua Umum Kesatuan Nelayan Tradisional, M Riza Damanik, di Jakarta, Sabtu (16/4/2016).

Menurut Riza, hal itu jauh lebih baik ketimbang menjadikan pulau-pulau buatan dijadikan sebagai tempat wisata yang malah cenderung didesain superblok dan area komersial.

Pulau wisata rekayasa di Jakarta merupakan sebuah kesia-siaan mengingat Indonesia masih memiliki banyak pulau cantik dan indah serta lebih menarik hati wisatawan.

Riza menyebutkan daripada membuat pulau palsu dengan dalih sebagai destinasi wisata baru, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta justru harus membenahi Kepulauan Seribu.

"Jakarta nggak butuh pulau wisata, kalau mau lebih baik Kepulauan Seribu ditata lagi supaya lebih baik dan lebih bisa menarik wisatawan," tambahnya.

Riza menilai, reklamasi seharusnya dilakukan untuk memperbaiki dan memperindah kampung nelayan, hal itu justru bisa menjadi salah satu elemen untuk menarik wisatawan.

Wisata yang bisa dilakukan misalnya tinggal bersama para nelayan, ikut melaut dan menangkap ikan serta merasakan hidup layaknya nelayan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com