Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembebasan Lahan Tol Cibitung-Cimanggis Baru Tembus 1 Persen

Kompas.com - 15/04/2016, 16:40 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Tol Cibitung-Cimanggis masih belum menunjukkan perkembangan signifikan sejak mulai dikerjakan pada Oktober 2015. Kendalanya masih berkutat pada masalah pembebasan lahan.

"Tol Cibitung-Cimanggis masih terkendala lahan di beberapa perumahan sekitar lokasi seperti Raffles Hills, dan lainnya," ucap Direktur Utama PT Waskita Toll Road, di Jakarta, Kamis (14/4/2016).

Pada Oktober 2015 silam, Herwidiakto mengatakan pembebasan lahan jalan tol sepanjang 26,3 kilometer itu baru 500 meter atau 0,2 persen saja dengan dalih karena baru mulai dikerjakan.

Namun saat ini, pembebasan lahan yang sudah dilakukan PT Waskito Toll Road selaku pemegang saham dominan proyek Tol Cibitung-Cimanggis baru mampu menambah sedikit progres pembebasan lahannya.

"Ya sekarang baru satu persen yang di simpang susun Cimanggis itu. Semua masih proses dan bakal kita konsinyasikan kalau terjadi apa apa," ucap Herwidiakto.

Kinerja PT Waskito Toll Road terbilang sedikit lambat mengingat pada Oktober 2015, Herwidiakto optimistis pembebasan lahan bisa mencapai 3,5 kilometer pada akhir 2015.

Kendati demikian, Herwidiakto tetap menargetkan pembebasan lahan secara keseluruhan akan rampung pada akhir Oktober 2016, sedangkan konstruksi selesai pada 2017 untuk bisa segera dioperasikan pada awal 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com