Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Murah di Dubai Seharga Rp 2 Miliar

Kompas.com - 07/04/2016, 12:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

DUBAI, KOMPAS.com - Rumah murah tidak hanya ada di Indonesia tetapi juga terdapat di Dubai, Uni Emirat Arab. Namun, bedanya, rumah murah di Dubai ditawarkan dengan harga terendah Rp 2 miliar, sementara di Indonesia Rp 135 juta.

Pengembang lokal bernama Nshama menjadwalkan serah terima perumahan yang berada di dalam proyek pengembangan Town Square pada 2017.

"Kami telah membangun 1.050 rumah dan 1.100 apartemen bersamaan dengan pengerjaan infrastruktur. Kami juga telah mendapat kontrak senilai 2 miliar dirham (Rp 7,2 miliar) sampai saat ini," kata Direktur Nshama, Fred Durie, pekan lalu.

Proyek yang dibuka pada tahun lalu itu didedikasikan untuk keluarga atau individu dengan penghasilan 25.000 dirham (Rp 90 juta) sampai dengan 30.000 dirham atau sekitar Rp 108 juta per bulannya. Hingga saat ini tercatat sudah ada lebih dari 2.000 unit yang terjual.

Durie mengatakan saat ini backlog perumahan di Dubai mencapai angka 114.000 unit dan Nshama berniat untuk mengisi kekurangan tersebut lewat proyek perumahannya di Town Square.

Semua yang berada di Town Square ini ditujukan untuk kelas menengah bawah. Jadi, Nshama, saat ini mencoba mendorong warga Dubai untuk memiliki rumah sendiri ketimbang menyewa.

"Jika mereka tinggal selama 5 atau 10 tahun maka mereka memiliki aset yang bisa dijual daripada harus menghabiskan uang untuk menyewa rumah," tambahnya.

Rumah dengan tiga sampai empat kamar dibanderol dengan harga antara 1 juta dirham atau senilai Rp 3,5 miliar sampai dengan 1,35 juta dirham atau lebih dari Rp 4 miliar.

Sedangkan untuk apartemen tipe studio dan tiga kamar tidur memiliki range harga antara 614.888 dirham atau sekitar Rp 2,2 miliar sampai dengan 1 juta dirham (Rp 3,5 miliar) per unitnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com