Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Terima Kasih Jokowi, Warga Ambon Bisa 'Selfie' di Sini"

Kompas.com - 05/04/2016, 23:59 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Jembatan Merah Putih yang diresmikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pada Senin sore (4/4/2016), menjadi destinasi wisata baru sekaligus wahana foto diri alias "selfie" warga Ambon, Maluku.

Fenomena ini terlihat bahkan pada sehari menjelang jembatan terpanjang di Indonesia Timur ini diresmikan.

Dari pantauan Kompas.com, tampak ibu-ibu berseragam Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), bapak-bapak pekerja konstruksi berseragam BUMN Karya, petugas dari unsur TNI/Polri, tertawa riang mengabadikan diri sendiri dan kelompoknya dengan ponsel dan kamera masing-masing.

Usai Jokowi mengatakan, "Dengan izin Allah SWT, Jembatan Merah Putih ini saya resmikan" tepat pada pukul 17.41 WIT, aktivitas "selfie" makin menjadi-jadi. 

Noorman Wijaksana Warga Ambon sangat antusias meengabadikan diri sendiri di atas Jembatan Merah Puti, Selasa (5/4/2016).
Dua orang anggota pasukan pengaman berseragam hitam, lengkap dengan senapan laras panjang serta baret hitam tak mau kalah. Mereka saling bergantian berpose dengan gaya semaksimal mungkin sambil memamerkan senyuman.

Peserta "selfie" tambah banyak dan antusias pada hari ini, Selasa (5/4/2016). Muda mudi, tua-muda, mereka yang masih berseragam sekolah, PNS, karyawan bank, pedagang, bahkan jurnalis tampak mengabadikan Jembatan Merah Putih sambil mematut diri di hadap layar ponsel.

"Kami berterima kasih kepada (Pak) Jokowi, warga Ambon bisa 'selfie' di jembatan ini," ujar Simon, warga Ambon yang berprofesi sebagai sopir kepada Kompas.com.

Noorman Wijaksana Warga Ambon antusias menyambut diresmikannya Jembatan Merah Putih oleh Presiden RI Joko Widodo pada Selasa (4/4/2016). Tampak dalam gambar aktivitas "selfie" pada Selasa pagi (5/4/2016).
Ucapan terima kasih tak hanya disampaikan Simon, melainkan juga Gubernur Maluku Said Assagaff. Said mengatakan, peresmian Jembatan Merah Putih oleh Jokowi merupakan sebuah kebahagiaan sekaligus kejutan bagi seluruh masyarakat Maluku.

"Terima kasih. Ini merupakan sebuah kebahagiaan dan surprise. Di tengah-tengah agenda kenegaraan yang begitu padat hari ini, kami berkesempatan menerima kunjungan kerja Bapak Presiden Jokowi dan Ibu Iriana beserta rombongan untuk meresmikan Jembatan Merah Putih," tutur Said saat menyampaikan sambutannya.

Secara teknis panjang jembatan ini adalah 1.140 meter yang terbagi ke dalam tiga bagian yaitu, Jembatan Pendekat di sisi Desa Poka sepanjang 520 meter, Jembatan Pendekat di sisi Desa Galala sepanjang 320 meter, dan Jembatan Utama sepanjang 300 meter.

Jembatan Utama ini merupakan tipe jembatan khusus dengan sistem beruji kabel atau cable stayed, dengan jarak antar pilon sepanjang 150 meter.

Dibangun sejak 17 Juli 2011, Jembatan Merah Putih menelan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) senilai Rp 779,2 miliar.

Jembatan yang berlokasi tepat di Teluk Dalam Pulau Ambon ini menghubungkan Desa Rumah Tiga (Poka), Kecamatan Sirimau pada sisi utara dan Desa Hative Kecil/Galala, Kecamatan Teluk Ambon pada sisi selatan.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com