Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketertarikan Membeli Rumah Didominasi Kalangan Usia 21-20 Tahun

Kompas.com - 05/04/2016, 19:42 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kalangan usia 21-30 tahun mendominasi keinginan pembelian rumah pertama. Hal tersebut juga dilakukan masyarakat berusia 20 tahun ke bawah.

Demikian hasil survei "Asia Property Sentiment H1-2016". Menurut survei ini, 69 persen kalangan usia 21-30 tertarik membeli rumah pertama kali, diikuti 16 persen untuk berinvestasi, dan 14 persen menambah kepemilikan properti.

"Menariknya saat ini usia di bawah 20 tahun banyak yang sudah tertarik membeli rumah untuk pertama kalinya sebesar 68 persen, kemudian tertarik berinvestasi sebesar 29 persen, dan ingin menambah propertinya sebesar 18 persen," terang County Manager Rumah123.com, Ignatius Untung, di Jakarta, Selasa (5/4/2016).

Secara total, dari 12.000 responden, sebanyak 48 persen atau sekitar 5.760 orang memiliki ketertarikan membeli rumah pertama kali.

Kemudian diikuti 29 persen atau 3.480 orang untuk berinvestasi dan sisanya 23 persen atau 2.760 ingin menambah propertinya.

Selain itu, survei ini juga menunjukkan tiga aspek utama yang diperhatikan konsumen sebelum membeli properti.

"Faktor lokasi, harga, dan akses masih jadi yang utama. Untuk lokasi, kebanyakan orang mencari properti yang tidak jauh dari tempat tumbuh dan dibesarkan," ucap Untung.

Adapun hal lainnya yang dilihat sebelum membeli properti dalam survei ini adalah fasilitas dan lingkungan, desain properti, pengembang, dan keuntungan modal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com