Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap... Harga Lahan di Kawasan Ini Bakal Naik 5 Persen!

Kompas.com - 31/03/2016, 09:27 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Tol Serpong-Balaraja yang akan dimulai pada kuartal IV tahun ini diprediksi bakal mengatrol harga lahan kawasan yang dilintasinya sekitar 5 persen hingga 6 persen.

Direktur Keuangan dan Sekretaris Perusahaan PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), Hermawan Wijaya mengatakan hal tersebut kepada Kompas.com, di Jakarta, Rabu (30/3/2016).

BSDE merupakan pemimpin konsorsium yang memenangi hak pengembangan dan pengeelolaan tol yang dirancang sepanjang 30 kilometer ini.

Selain BSDE dengan kepemilikan 50 persen, perusahaan lainnya adalah PT Astratel Nusantara (25 persen), dan PT Transindo Karya (25 persen).

Menurut Hermawan, percepatan pembangunan infrastruktur ini, akan sangat berdampak pada perkembangan kawasan yang dilintasi.

Dia memprediksi pembangunan proyek residensial, dan komersial di sekitar Serpong dan Balaraja bakal semakin dinamis seiring dengan kenaikan permintaan.

"Seperti lazim terjadi, di mana ada pembangunan infrastruktur, permintaan properti baik rumah maupun komersial pasti naik," ucap Hermawan.

Meningkatnya permintaan properti tersebut, secara langsung berdampak pada lonjakan harga lahan. Dengan akan dilaksanakannya pekerjaan tol ini, kata Hermawan, kenaikan harga bisa mencapai 5 persen-6 persen.

Saat ini saja, harga lahan di Serpong, khususnya BSD City berada pada level Rp 12 juta hingga Rp 13 juta per meter persegi untuk perumahan, dan Rp 18 juta hingga Rp 20 juta per meter persegi untuk komersial.

Jalan Tol Serpong-Balaraja merupakan sambungan dari Jalan Tol Ulujami-Serpong. Jalan tol ini menghubungkan Kota Tangerang Selatan dengan Kabupaten Tangerang.

Nantinya, tol ini akan tersambung dengan Jalan Tol Tangerang-Merak dan Jalan Tol Jakarta-Serpong.

Terdapat empat kawasan yang akan diilintasi infrastruktur ini yakni Serpong, Legok, CitraRaya, dan Balaraja.

Serpong-Legok masuk dalam pengembangan tahap I sepanjang 11 kilometer, Tahap II Legok-CitraRaya (8 kilometer), dan Tahap III CitraRaya-Balaraja (12 kilometer).

Adapun pintu tolnya didesain berada di BSD City 1 (AEON Mall), BSD City 2 (kawasan industri), BSD City 3 (perumahan), Legok, Citraraya, dan Balaraja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com