Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Philips Terangi Kota Semarang dengan Lampu Hemat Energi

Kompas.com - 30/03/2016, 22:34 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Phillips Lighting Indonesia kembali mengadakan program Kota Terang Phillips LED (KTPL). Kali ini Semarang dipilih sebagai sasaran KTPL 2016.

KTPL merupakan bagian dari upaya Philips Lighting lndonesia untuk meningkatkan kehidupan masyarakat yakni dengan mendukung kota-kota di Indonesia agar menjadi lebih indah, aman dan nyaman huni dengan menggunakan pencahayaan pintar dan hemat energi.

"Untuk di Semarang kami menyinari Balai Kota dan tujuh jalan utama di Semarang, kami berharap dapat bermitra dengan Pemerintah Kota Semarang dalam menjadikan kota ini kota cerdas," ucap Presiden Direktur Philips Lighting lndonesia, Chandra Vaidyanathan, di Semarang, Rabu (30/3/2016).

Program KTPL ini diakui Chandra bertujuan membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang dalam memperindah ikon kota sekaligus menghemat penggunaan energi dan biaya listrik.

Selain itu, teknologi LED yang digunakan dalam program KTPL juga mampu mengurangi konsumsi listrik secara signifikan tanpa mengurangi kualitas atau terangnya pencahayaan.

Program KTPL, khususnya penerangan jalan-jalan di Kota Semarang memiliki sistem pencahayaan terkoneksi yang dapat dikontrol dari jarak jauh sehingga memberikan fleksibilitas bagi pemerintah kota dalam mengatur pencahayaan.

“Untuk membangun sebuah kota yang aman dan nyaman bagi warganya, pemerintah juga harus memperhatikan pencahayaan kota selain fasilitas publik lain seperti lingkungan dan jalan," ujar Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

Menurut Hendrar, KTPL memberikan solusi bagi Pemkot Semarang dalam hal menjadikannya sebagai salah satu smart city atau kota cerdas.

Caranya adalah dengan menyediakan penerangan jalan umum yang telah terintegrasi (Connected Lighting) sehingga dapat membantu Pemkot Semarang dalam mengontrol performa lampu dan mendeteksi adanya kerusakan di area manapun di Semarang dengan mudah.

Selain sebagai smart city, Hendrar berharap KTPL ini mampu menjadikan Semarang sebagai kota tujuan wisata dengan konsep pencahayaan yang menonjolkan kawasan heritage khususnya ’kota lama’ dengan menggunakan teknologi pencahayaan LED yang terintegrasi dan ramah lingkungan.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com