Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya, Rumah Termahal di Dunia Laku Rp 3,97 Triliun

Kompas.com - 29/03/2016, 22:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

Sumber Bloomberg

KOMPAS.com — Sebuah rumah di luar kota Paris berhasil memecahkan rekor termahal di dunia.

Menurut sumber yang dikutip Bloomberg, rumah itu akhirnya terjual seharga 301 juta dollar Amerika Serikat atau setara dengan Rp 3,966 triliun setelah ditawarkan dalam bursa jual beli beberapa waktu lalu.

Rumah itu dibangun oleh Chateau Louis XIV dan telah dijual kepada pembeli asal Timur Tengah.

Christie International Real Estate terlibat sebagai makelar penjualan rumah yang dikembangkan oleh Cogemad itu.

Chateau Louis XIV mendirikan rumah tersebut di atas lahan seluas 23 hektar dan berada di antara Versailles dan Marly-le-Roi. 

Tiga tahun merupakan waktu yang dibutuhkan untuk membangun rumah dengan fasilitas akuarium, bioskop, dan gudang anggur, serta air mancur dengan penutup daun emas.

"Dengan adanya rangkaian ornamen bunga, air mancur terbungkus daun emas, sebuah rangkaian bunga yang tak terbatas, patung-patung marmer, jalan, dan labirin membuat taman dan kebun menjadi bagian properti yang membangkitkan kegeniusan Le Notre," kata Cogemad di situsnya, merujuk pada tukang kebun Raja Louis XIV Perancis.

Predikat rumah termahal sebelumnya disematkan pada sebuah griya tawang di London yang dijual seharga 221 juta dollar Amerika Serikat atau ekuivalen Rp 2,912 triliun pada 2011.

Sebelum itu, menurut Christie International Real Estate, predikat rumah termahal di dunia diraih sebuah rumah di Perancis Selatan yang akan dibeli oleh miliarder Rusia, Mikhail Prokhorov, dengan harga 428 juta dollar Amerika Serikat atau Rp 5,640 triliun.

Namun, ketika itu, Mikhail kehilangan uang muka 10 persen setelah dinyatakan oleh pengadilan pada 2010 bahwa ia tidak mampu menyelesaikan pembelian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com