Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Pencakar Langit di UEA Terbakar

Kompas.com - 29/03/2016, 16:08 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KOMPAS.com - Lagi, kebakaran terjadi di gedung pencakar langit di Uni Emirat Arab (UEA). Kali ini terjadi pada Senin (28/3/2016) malam waktu setempat.

Kebakaran tersebut melanda dua gedung apartemen di Kota Ajman yang merupakan bagian dari serangkaian gedung-gedung tinggi di UEA.

Akibat kebakaran tersebut, Menteri Dalam Negeri UEA, Sheikh Saif bin Zayed Al Nahyan langsung bergegas menuju Ajman untuk mengkoordinasikan respon terhadap kobaran api.

Hingga saat ini, menurut Kepolisan Kota Ajman belum ada laporan korban atas kebakaran tersebut. Mereka menutup akses jalan menuju gedung tersebut selama proses pemadaman dilakukan.

Kebakaran ini merupakan yang kedua terjadi tahun ini setelah kebakaran hebat yang menghancurkan Address Downtown Dubai setinggi 63 lantai pada awal Januari lalu.

Menurut para pakar keamanan gedung, serangkaian kebakaran yang terjadi disebabkan oleh bahan yang umum digunakan pada gedung-gedung di UEA berupa panel komposit alumunium.

Bahan panel tersebut mengandung inti yang mudah terbakar dan cepat menyebar ketika api mulai menyambar gedung. Maka dari itu, tak heran jika gedung-gedung tersebut dapat terbakar dengan cepat tanpa hambatan apapun.

Kendati demikian, belum jelas apakah gedung di Ajman ini mengandung material jenis tersebut atau tidak meskipun beberapa gambar yang ada menunjukkan api membakar gedung dengan cara yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com