Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Arus Balik Libur Paskah, LMS Buka Seluruh Gardu Tol Cipali

Kompas.com - 26/03/2016, 21:50 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

CIKOPO, KOMPAS.com - PT Lintas Marga Sedaya (LMS), operator Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) akan menambah jumlah petugas gardu transaksi hingga 40 persen untuk mengantisipasi lonjakan arus balik Libur Paskah 25-27 Maret 2016.

Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya, Hudaya Arryanto, mengatakan, lalu lintas harian rata-rata sepanjang Tol Cipali yang normalnya 25.000 kendaraan per hari diperkirakan melonjak sampai 40 persen.

Untuk itu, LMS mengantisipasinya dengan sejumlah persiapan di lapangan, antara lain membuka maksimal gerbang-gerbang tol utama, yaitu 15 gardu di pintu Tol Cikopo dan 11 gardu di pintu Tol Palimanan.

"Jumlah ini masih ditambah lagi dengan 6 gardu satelit tambahan. Di dua gardu utama tersebut, LMS menambah jumlah petugas tol hingga 40 persen," ujar Hudaya, dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (26/3/2016).

Hudaya mengungkapkan, jumlah kendaraan yang masuk gerbang Cikopo pada Kamis, (24/3/2016) dan Jumat (25/3/2016) masing-masing sebanyak 27.700 dan 24.900 kendaraan, naik dibanding rata-rata 15.000 kendaraan per hari.

“Kami berupaya untuk memberikan pelayanan yang cepat dan baik untuk masyarakat pengguna jalan tol Cipali. Karena itu, kami membuka lebih banyak gardu pembayaran dan menambah personil di Gerbang Tol Cikopo dan Palimanan," tambah Hudaya.

Dengan persiapan ini, dua hari kemarin (Kamis dan Jumat), lalu lintas di gerbang tol terlayani dengan lancar dan tidak terjadi antrian panjang.

Hudaya berharap upaya tersebut dapat mengantisipasi puncak jumlah kendaraan arus balik pada hari Minggu (27/3/2016) nanti yang diperkirakan akan mencapai sekitar 35.000 kendaraan.

Tak hanya itu, LMS juga menambah persediaan uang kembalian menjadi sekitar Rp 1 miliar per hari untuk memudahkan dan mempercepat proses transaksi di gardu tol.

Untuk dapat menampung peningkatan jumlah pengguna saat arus balik, LMS menyediakan tambahan 3 truk toilet di rest area atau Tempat Istirahat (TI), serta tambahan pasokan suplai air dari water tank.

Terdapat 8 TI di Tol Cipali, di antaranya untuk arah ke Jakarta tersedia di KM 164 (dengan SPBU), KM 130, KM 101 (dengan SPBU) dan KM 86.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com