Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Libur Paskah, Australia Lelang 3.369 Rumah

Kompas.com - 26/03/2016, 14:11 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Ribuan properti Australia diputuskan masuk dalam daftar lelang terbesar tahun ini. Properti-properti ini ditawarkan sejak November tahun 2015.

Berdasarkan data CoreLogic RP, sebanyak 3.369 rumah dijadwalkan dilelang Minggu besok (27/3/2016). Di antara jumlah ini, Melbourne memimpin dengan 1.701 properti.

Sydney juga telah memasukkan daftar 1.074 rumah yang ditawarkan, diikuti Brisbane sebanyak 257 rumah, Adelaide 137 rumah, dan Perth 74 rumah.

Menjelang akhir pekan Paskah adalah alasan di balik dorongan besar lelang minggu ini, begitu juga aliran penjualan pada masa libur baru-baru ini di empat dari delapan negara bagian.

Akhir pekan ini adalah lelang terakhir yang akan dilakukan sebelum liburan Paskah dan sekolah.

Dorongan besar datang dari tingkat penjualan lelang 64,9 persen pekan lalu. Sydney memiliki tingkat penjualan terkuat 71,2 persen diikuti oleh Melbourne 68,6 persen.

Direktur Riset dan Data CoreLogic RP Cameron Kusher memprediksi, lelang mungkin akan kembali ke tingkat lebih normal setelah liburan Paskah selesai.

Properti yang terdaftar untuk lelang akhir pekan ini antara lain sebuah rumah bergaya Queenslander di 21 Ascot St, Ascot.

Rumah dengan empat kamar tidur ditawarkan pertama kalinya dalam 51 tahun. Properti ini dilengkapi kolam renang dan spa.

Di Melbourne, rumah dengan dua kamar tidur di 42 Danks St, Albert Park, dijadwalkan untuk dilelang pukul 14.30 pada hari Sabtu waktu setempat.

Perumahan Victoria ini telah direnovasi dan memiliki ruang tamu terbuka dan ruang makan.

Jumlah properti yang baru terdaftar untuk dijual dalam empat minggu terakhir telah meningkat 12 persen dibanding periode yg sama tahun lalu.

Melbourne telah memiliki jumlah iklan terbaru, yakni 9.376 iklan, diikuti oleh Sydney, 7.406 iklan dan Brisbane, 6.549 iklan.

Pasar Perth menerima 4.924 iklan baru dalam empat pekan terakhir, sementara Adelaide memiliki 2.734, Canberra, 603, Hobart, 445 dan Darwin, 262.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com