Siapa Bilang Bercocok Tanam Butuh Lahan Luas? - Kompas.com

Siapa Bilang Bercocok Tanam Butuh Lahan Luas?

Ridwan Aji Pitoko
Kompas.com - 23/03/2016, 17:00 WIB
Kebun Hidroponik IKEA

KOMPAS.com - Jika Anda merupakan orang yang ingin bercocok tanam dan menumbuhkan sendiri sayuran atau tanaman herbal tetapi tidak memiliki lahan memadai, produk IKEA terbaru ini mungkin bisa menjadi jawabannya.

Produk tersebut diberi nama KRYDDA/VAXER kebun hidroponik yang bisa membuat Anda dengan mudah menumbuhkan produk-produk segar di dalam rumah.

Produk hidroponik itu menggunakan sistem yang membuat Anda bisa menyemai benih dan menumbuhkan tanaman apapun tanpa media tanah sama sekali.

Benih-benih yang disemai dapat tumbuh dengan menggunakan busa penyerap basah tanpa penyiraman air berlebihan.

Setelah benih mulai tumbuh berkecambah, Anda dengan mudah bisa memindahkan seluruh steker ke dalam pot dan mengisinya dengan satu sendok batu apung yang mampu menyerap air.

Kebun Hidroponik IKEA

Pot itu kemudian Anda tempatkan ke dalam sebuah nampan atau baki yang sudah dilengkapi dengan lampu.

Lampu itu ibarat sinar matahari dan mampu menyediakan asupan sinar matahari sepanjang tahun, bahkan apabila diletakkan di dalam rumah tanpa terkena matahari langsung, tanaman tetap akan bisa tumbuh.

Nampan atau baki tersebut juga dilengkapi sensor air untuk memastikan apakah tanaman Anda kekurangan atau kelebihan asupan air.

Kebun Hidroponik IKEA

IKEA sendiri mengklaim produk hidroponiknya ini begitu sederhana dan mudah sehingga orang dengan atau tanpa kemampuan bertanam yang baik bisa menggunakannya.

Untuk saat ini, IKEA belum menentukan berapa harga produk hidroponiknya karena baru akan diluncurkan pada Apri 2016.

PenulisRidwan Aji Pitoko
EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM